Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

NURLINDA SAFITRI

Judul : HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kecerdasan sosial dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan di SD Bina Insani Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, dengan populasi sejumlah 125 siswa dari seluruh jumlah siswa kelas V di SD Bina Insani Kota Bogor. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dari jumlah populasi 125 siswa, maka setelah menggunakan rumus tersebut diperoleh sampel sejumlah 95 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara : (1) Konsep diri dengan hasil belajar IPS; (2) Kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS; (3) Konsep diri dan Kecerdasan sosial secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Bina Insani Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan konsep diri yang dimiliki siswa dan kecerdasan sosial pada diri siswa.

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 08 / 2016
ISSN/ISBN : 2460-2175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Agustiani, Hendriati. Psikologi Perkembangan Pendekatan  Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung PT. Refika Aditama, 2009.

Burns,   R.B. Konsep Diri, Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta : Arcan, 1993.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Undang- undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Armas Duta Jaya, 2003.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Djiwandonom, Sri Esti Wuryani. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Gramedia, 2006.

Effendi, Agus. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung : Alfabeta Anggota IKAPI, 2005.

Goleman, Daniel. Social Intellegence Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar-ManusiaI. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Gordon, Claire and Lynn               Huggins-Cooper.              .  Metode Penelitian Pendidikan                : Meningkatkan Sembilan Kecerdasan Anak. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer, 2012.

Gunarsa, Singgih D. dan Y.Singgih D.Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1995.

Hunt, Elgin F. Social Science. New York : Macmillan Publishing Company, 1987.

Jamaris, Martini. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : Yayasan Penamas Murni., 2010.

Jihad, Asep dan Abdu Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo, 2012.

Jurnal Pendidikan Sejarah. Program Studi Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana UNJ. Januari 2012.

Nestrom, John. W. Organizational Behavior: Human Behavior at Work. New York : Mc.Graw-Hill Companies, Inc. 2007.

Pudjijogyanti, Clara R. Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta : ARCAN, 1991.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : ALFABETA, 2006.

Sapriya. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Schunk, Dale H. Learning Theories An Educational Perspective”Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan”. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta, 2010. Soewadji, Jusuf.Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra Wacana Media, 2012.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi :Mixed Methods. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suryaatmadja, Nursid. Konsep Dasar IPS. Jakarta : Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II, 1998.

Suryabrata, Sumadi Suryabrata. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Gramedia, 1995.

Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia : Buku Guru. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Thobroni, Muhammad danArif Mustofa. Belajardan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2011. Tirtarahardja ,Umar. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2005.

Uno, Hamzah B. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Van Cleaf, David W. Action In Elementary Studies. Massachusetts : Allyn & Bacon, 1991.

Winataputra, Udin S. dkk. Materi dan Pembelajaran IPS Modul Univ.Terbuka. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2012.

Yukl, Gary. Leadership in Organizations. New Jersey : Pearson Education, Inc. 2010.

URL :

 

Document

 
back