Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarini Dwi Pursitasari

Judul : PERANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TEMATIK INOVATIF KELAS VII SMP
Abstrak :

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program pembelajaran IPA berbasis
tematik inoovatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Perancangan program
dimulai dengan analisis pengetahuan awal dan gaya belajar siswa, analisis kurikulum, pemetaan
kompetensi dasar dan topik pelajaran IPA. Selain itu dirancang juga alat evaluasi berupa tes
kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan angket. Hasil pemetaan selanjutnya dibuat
silabus, RPP, LKS, dan media pembelajaran. Sintaks dalam pembelajaran IPAterpadu berbasis
tematik dan inovatif adalahObservation, Questioning, Exploration, Analysis, Confirmation, and
Evaluation (OQEACE).

Kata kunci: IPA, tematik, inovatif, berpikir kritis

Tahun : 2014 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 17 / 2014
ISSN/ISBN : : 1410-4741
PTN/S : universitas pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Fairuzza, B. A.J. 2009. Penerapan Pembelaja-
ran IPA Terpadu Model Integrasi (Integrated
Model)
Berbasis
Konstruktivisme

untuk

Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Malang.

Skripsi tidak dipublikasikan. Malang:
UM

Hidayat, S. S. A. 2011.. Implementasi
Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kota
Banda Aceh.
http://fkip.serambimekkah.ac.id/jurnal/[
10 Januari 2013]

Kemdiknas, 2012. Rancangan Struktur
Kurikulum SMP. Tersedia di
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud
/uji-publik-kurikulum. [14 Januari 2013]
Opara, J. A. 2011. Bajah’s Model and of the
Teaching and Learning of Integrated
Science. African Journal of Basic &
Applied Sciences 3 (1): 01-05
Pigdon, K., & Woolley M. 1993. The Big Picture:

Integrating Children’s Learning.
Portsmouth: Heinemann
Pursitasari, I. D. 2013. Profil Siswa SMP
Negeri di Kota Palu dalam Pembelajaran  
Ilmu Pengetahuan Alam. Makalah
diseminarkan tanggal 16 November
2013 di Jurusan Kimia Universtas
Negeri Yogyakarta.

 

 

 


Pusat Kurikulum, 2007. Panduan
Pengembangan Pembelajaran IPA
Terpadu.  (Draft). Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah
(SMP/MTS). Puskur. Jakarta.
www.puskur.net [20 Desember 2012]
Ramadhan, T. 2008. Model Pembelajaran Tematik,

Kelebihan dan Kelemahannya.
Tersedia di
http://tarmizi.wordpress.com/ [18 Januari
2013]

Rede, A. 2010. Pengembangan Perangkat
pembelajaran Tematik Pokok Bahasan
Pemanasan Global dan Pengaruhnya
Terhadap Kecakapan Hidup, Motivasi,
dan Prestasi Belajar Siswa SD di
Karangploso.(Disertasi tidak
dipublikasikan). Malang: PPS-UM
Salirawati, D. 2009. Pembelajaran IPA
Terpadu untuk Meningkatkan
Kreativitas Siswa. Makalah disampaikan
pada Seminar Nasional Prodi IPA pada
tanggal 15 Agustus 2009 di Yogyakarta
Sutirjo dan Mamik, S. I.  (2005). Tematik:
Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum
2004. Malang: Bayumedia Publishing
Tim Pengembang Kurikulum. 2013.
Kurikulum 2013. Kompetensi Dasar
Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
 

URL : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3128/2199

 

Document

 
back