Judul | : | PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWAKELAS VII SMP BUMI PUTRA CIBINONG BOGOR | |||
Abstrak | : | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra melalui penerapan model discovery learning serta mengetahui kendala yang dialami siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas VII SMP Bumi Putra. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 51,03 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata 78,56 dengan tingkat penguasaan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 2,82dan d.b. = 34 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai tâ€. Nilai d.b. = 34 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 30 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,45 dan harga to 0,05 = 1,69. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,69 < 2,82 > 2,45. |
|||
Tahun | : | 2022 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 1 / 2021 |
ISSN/ISBN | : | 2798-5792 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Bibliography | : | Ali, Adlan., dan Tanzili. 2006. Pedoman Lengkap Menulis Surat. Jakarta: PT Kawan Pustaka. Nuryanti. 2010. Terampil Menulis Surat. Kab.Bandung: Angka Satu. Hasnun, anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: CV Andi Offset. Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Rohimah, Imah. 2017. Bupena Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga. Suharto. 2016. Model-model Pembelajaran IPA dan Implementasinya. Jakarta. Suprihatiningrum, jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Saddhono, Kundharu. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Uno. B. Hamzah. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara Yanti, Prima Gusti., Fairuz Zabadi dan Fauzi Rahman. 2016. Bahasa Indonesia Konsep dasar dan Penerapan. Jakarta: PT Grasindo. |
|||
URL | : | https://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/4455/pdf |