Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Sintia Wati, Rina Rosdiana, Siti Chodijah

Judul : Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Bogor.
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wall chart dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks cerpen melalui penggunaan media wall chart. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IX-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-6 sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu Penggunaan media wall chart dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil prates kelas eksperimen yang memeroleh nilai rata-rata kelas 60 berarti keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks cerpen, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat jadi 82 dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=2,61 dan d.b=68 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 < 2,61 > 2,39. hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis yang kedua yaitu, siswa mengalami kendala dalam menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Hasil angket menyatakan bahwa saat siswa menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Dengan demikian, penggunaan media wall chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen walaupun terdapat kendala dalam menulis teks cerpen. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 2 / 2022
ISSN/ISBN : 2798-5798
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Akhidah. Sabarti, dkk. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pragmatik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud

Hernowo. 2004. Quantum Writing. Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: Mizan Learning Center.

Isnawati, E. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Kartimi, Tiem. 2006. Perencanaan Menulis Karangan. Bogor. FKIP Universitas Pakuan.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muryanto, A. Kristiawan 2008. Aku pandai menulis cerpen menulis cerpen. Klaten: PT Intan Sejati.

Nugianto, Burhan 2009 Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yoygakarta: Anggota IKAPI.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Yoygakarta: BPFE- Yogyakarta.

Rampan, Karrie Layun. 2009, Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir. Jakarta: Bukupop.

Sadiman, A.S, Raharjo, R, & dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman, Arif S.R. Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito, 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanaky Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sigiyono. 2017 Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Soeparno, 1987.Media Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: PT Intan Pariwara

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Suherli dkk, 2017. Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hernri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Pencetakan Angkasa.

Wati, Ega Rima Pembelajaran. 2016. Ragam Media. Jakarta: Kata Pena.

www. Sumber pengertian.co/pengertian-teks-menurut-para ahli

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi

 

Document

 
back