Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Sandi Budiana, Elsa Savrina Putri, Resyi A. Gani

Judul : Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva Pada Subtema Keberagaman Budaya bangsaku
Abstrak :

Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan serta mencari tahu kelayakan bahan ajar berbasis canva pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni dua dosen Universitas Pakuan sebagai ahli media canva dan ahli bahasa subtema keberagaman budaya bangsaku, serta satu orang guru SDN Nagrak 02 sebagai ahli materi subtema keberagaman budaya bangsaku, dan tentunya peserta didik Kelas IV SDN Nagrak 02. Ahli media aplikasi canva memberikan skor validasi terhadap bahan ajar sebesar 81,3% termasuk kedalam kategori layak, ahli bahasa subtema keberagaman budaya bangsaku memberikan skor validasi sebesar 100% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi subtema keberagaman budaya bangsaku dengan skor 81,3% ini termasuk kategori layak. Hasil dari pretest dihasilkan sebesar 85,4% dengan kategori layak dan pada posttest didapati hasil sebesar 90,6% dengan kategori sangat layak dari kedua test yang dilakukan dihasilkan N-gain sebesar 0,35 dan dapat membantu peserta didik memahami materi pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis canva pada subtema keberagaman budaya bangsaku ini layak untuk digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas IV.

 

Tahun : 2023 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : ISSN 2614-5596 / 6 / 2023
ISSN/ISBN : 2614-5596
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

u [1] Anggari, A. S. Wulan, D. R. Puspitawati, N. Khasanah, L. M. & Hendriyeti, Tema 1"Indahnya Kebersamaan" Buku Guru SD/MI Kelas IV, Pustaka Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta, 2017. [2] Astuti Mulyani, E, Desain Grafis, CV Media Sains Indonesia, Bandung, 2021. [3] Hidayah, R. dan Ramadhan, I., Sistem Sosial Budaya Indonesia, Lakeisha, Klaten, 2021 [4] Hamzah, A., Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development (2nd ed.), Literasi nusantara, 2020. [5] Jubilee, E., Desain Grafis dengan Canva, PT Elex Media Komputindo (Digital), Jakarta, 2021. [6] Khatimah, H., Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital Pembelajaran dalam jaringan untuk anak sekolah dasar, Literasi Nusantara, Malang, 2021. 85.4% 90.6% 82.0% 84.0% 86.0% 88.0% 90.0% 92.0% Uji Coba Penelitian 0 0.2 0.4 0.6 0.8 1 N-gain 0,35 108 | Jurnal Elementary | Vol. 6, No. 1, Januari 2023, hal 104-108 [7] Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar (1st ed), Bumi Aksara, 2021. [8] Kusnanto, Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia (Digital), Alprin, Semarang, 2019. [9] Mascita, D. E., Mendesain bahan ajar cetak dan digital, Media Sains Indonesia, Bandung, 2021. [10]Panggabean, D., Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains, Yayasan kita menulis, Medan, 2020. [11] Pramuditya, A, S., Tri, N, dan Meya, Y., Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika menggunakan Canva, Media Sains Indonesia, Bandung, 2022. [12]Pratiwi, U., Mudah Belajar Desain Grafis dengan Aplikasi Canva (1st ed.), DIVA Press, Yogyakarta, 2021. [13]Rahman, T., Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas, Pilar Nusantara, Donggala, 2018. [14]Susanti, A. I., Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), PT. Nasya Expanding Management, Pekalongan, 2021. [15]Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan, Anugrah Utama Raharja (AURA), Bandar Lampung, 2014. Jurnal [16]Fahrurrozi, M., & Mohzana, H., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran”, Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51). Lombok Timur, Universitas Hamzanwadi Press, 2020. [17]Indrawari, K., & Habiburrahman, S., “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode al-Qur`an Tematik”, Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 17–35, 2019. [18]Putri, E., Arimbi, A., & Sukartiningsih, W., “Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Sastra Dongeng Cerita Rakyat Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Dongeng Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD”, 3492– 3503, 2020. [19]Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M., “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343, 2021. [20] Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E., “Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm”. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430, 2020. [21]Susilawati, A. siti, Musiyam, M., & Wardana, A. Z., “Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar”, Muhammadiyah University Press. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2021. [22] Zariono, A., “Pengembangan Media Pembelajaran PAI-BP di SD Abstrak Pendahuluan Dunia saat ini dilanda musibah yaitu wabah Corona Virus Disease ( Covid 19 )” Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117–127, 202

URL : https://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/13464

 

Document

 
back