Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Wawan Syahiril Anwar

Judul : “Pengaruh Interaksi Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi sosail peserta didik dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan pendekakatan studi kausal, untuk pengumpulkan data dilakukan dengan wawancara, mengedarkan angket kuisioner dan test. Data tersebut diambil melalui sampel penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 dengan sampel sebanyak 46 siswa. berdasarkan analisis stastistik dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar sebesar 0,528, dengan koefisien determinasi 27,8%. Hal ini berarati penaikan atau penurunan hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya dipengaruhi oleh interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran sebesar 27,8%. Sedangkan sisanya 72,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Setiap kenaikan satu unit interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran menyebabkan kenaikan hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya sebesar 0,528 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 3 / 6 / 2022
ISSN/ISBN : 2581-1835
PTN/S : universitas pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

URL : https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/66798/38953

 

Document

 
back