Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarini Dwi Pursitasari, Bibin Rubini

Judul : PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstrak :

Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang
awalnya berlangsung secara offline berubah menjadi online. Perubahan ini menuntut guru untuk lebih
kreatif dalam merancang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir
kritis siswa melalui pembelajaran problem based learning terintegrasi science, technology,
engineering, and mathematics (PBL-STEM) secara daring. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas X
IPA di salah satu SMA di Cianjur dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Data
penelitian dikumpulkan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berjumlah enam soal essay
yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,913. Selain itu tanggapan siswa terhadap penerapan
pembelajaran PBL-STEM dijaring melalui angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif dan
inferensial. Hasil penelitian menunjukkan penerapan PBL-STEM secara daring dapat berlangsung
dengan baik dan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan N-gain sebesar 72%.
Perolehan tertinggi pada indikator explanation dan terendah adalah evaluation. Hasil uji siginfikansi
menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran PBL-STEM lebih
besar daripada pembelajaran PBL. Siswa juga memberikan respon yang baik terhadap penerapan
PBL-STEM dalam pembelajaran di era Covid-19 sebesar 81%.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 4 / 2 / 2020
ISSN/ISBN : 2614-0500
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. 2016. Penerapan project based learning
terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal
Inovasi Pendidikan IPA, 2(2):202–212.
Agnafia, D.N. 2018. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi.
Florea, 5(1):45-53.
Aji, R.H.S. 2020. Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan,
dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5):395-402.
Anwar, A., Yusrizal, Y., & Jalil, Z. 2017. Implementasi strategi problem solving dengan
menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan minat dan ketrampilan
berpikir kritis siswa di MAN Gandapura pada Materi Gerak Harmonik. JIPI (Jurnal IPA
dan Pembelajaran IPA), 1(1):16-25.
Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. 2018. The implementation of contextual learning
to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, 7(4):451-457.

Cahyaningsih, F. & Roektiningroem, E. 2018. Pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-
PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. E-Journal

Pendidikan IPA, 7(5):239-244.
Damanik, D.P. & Bukit, N. 2013. Analisis kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada
pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Inquiry Training (IT) dan
Direct Instruction (DI). Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1):16-24.
Diani, R., Khotimah, K., Khasanah, U., & Ridho, M.S. 2019. Scaffolding in physics learning
based on Problem Based Instruction (PBL): The effect on concept understanding and
self efficacy. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3):310–
319.
Estapa, A.T. & Tank, K.M. 2017. Supporting integrated STEM in the elementary classroom:
a professional development approach centered on an engineering design challenge.
International Journal of STEM Education, 4(6):1–16.
Fachrurazi, S. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa
SMP. Tesis tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Negeri Lampung.
Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. 2017. Integrasi Problem Based
Learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan
kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017-STEM untuk
Pembelajaran Sains Abad 21, Palembang 23 September 2017, p.198-206.
Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education.
Boston: McGraw Hill.
Han, S., Capraro, R., & Capraro, M.M. 2015. How science, technology, engineering, and
mathematics (STEM) project-based learning (PBL) affect high, midle, and low achievers differently: The impact of student factors on achievement. International
Journal of Science and Mathematics Education, 13(5):1089-1113.
Hairida, H. (2016). The effectiveness using inquiry based natural science module with
authentic assessment to improve the critical thinking and inquiry skills of Junior High
School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2):209-215.
Hake, R.R. 2020. Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics
with gender gender, High-School Physics, and pre test scores on mathematics and
spatial visualization visualization Physics Education Research Conference.; Boise,
Idaho, 2002. [Online] (http://www.physics.indiana.edu/-hake) diunduh pada 18
Agustus 2020.
Ichsan, I., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D., Kurniawan, E., Dewi, A., Wirdianti, N.,
Hermawati, F., & Marhento, G. 2020. Covid-19 dan E-Learning: Perubahan strategi
pembelajaran sains dan lingkungan di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran),
6(1):50-61.
Irnin, A.D.A. 2016. Peningkatan kemampuan berpkir kritis mahasiswa melalui model
pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) pada mata pelajaran kuliah Filsafat
Sains. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 4(2):68–75.
Karim & Normaya. 2015. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran
matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama.
Banjarmasin: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1):92–164.
Kurniawan, D.T. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan website
interaktif pada konsep Fluida Statis untuk meningkatkan penguasaan konsep dan
keterampilan proses sains siswa Kelas XI. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2):206–213.
Kusumaningsih, W. & Marta, R.P. 2017. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan
Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2):202-209.
LaForce, M., Noble, E., & Blackwell, C. 2017. Problem-Based Learning (PBL) and student
interest in STEM Careers: The Roles of motivation and ability beliefs. Education
Sciences, 7(4):92:1-22.
Lai, S.C. (2018). Using inquiry-based strategies for enhancing students’ STEM education
learning. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 4(1):
110-117.
Lay, A.N. & Osman, K. 2018. Developing 21st century chemistry learning through designing
digital Games. Journal of Education in Science, Environment and Health, 4(1):81–92.
Lee, A.Y.L. 2016. Media education in the School 2.0 era: Teaching media literacy through
laptop computers and iPads. Global Media and China, 1(4):435–449.
Lia, A. & Derlina. 2016. Efek penggunaan pembelajaran Inquiry Trainning berbantuan
media visual dan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa. Cakrawala
Pendidikan, 35(2):153-163.

Lou, S.J., Shih, R.C., Diez, C.R., & Tseng, K.H., 2011. The impact of Problem Based learning
strategies on STEM knowledge integration and attitude, an exploratory study among
female Taiwanese senior high school students. International Journal of Thechnology
and Design Education, 21(2):195-215.
Maulida, A., Lesmono, A.D., & Supriadi, B. 2019. Inovasi pembelajaran Fisika melalui
penerapan model PBL (Problem based Learning) dengan pendekatan STEM Education
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Elastilitas dan Hukum Hooke di
SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1):185-190.
Minan, C.M. 2016. Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode Pictorial
Riddle untuk meningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa. Jurnal Pendidikan
Fisika, 4(2):111–123.
Newman, M.J. 2005. Problem based Learning: An introduction and overview of the key
features of the approach. Journal of Veterinary, 32(1):12–20.
Quitadamo, I. & Kurtz, M.J. 2007. Learning to improve: Using writing to increase critical
thinking performance in general education Biology. CBE—Life Sciences Education,
6(2):140–154.
Rahmati, R., Yusrizal, Y., & Hasan, M. 2017. Critical thinking skills enhancement of students
through inquiry learning model laboratory based on reflection of the light. JIPI (Jurnal
IPA dan Pembelajaran IPA), 1(1):34-41.
Rahmayanti, H., Oktaviani, V., & Syani, Y. 2020. Development of sorting waste game
android based for early childhood in environmental education. Journal of Physics:
Conference Series, 1434(1):12029.
Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia. 2019. Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL
berbasis STEM untuk melatih keterampilan berfikir kreatif siswa tuna netra. Jurnal
Pendidikan MIPA, 9(1):38-44.
Soros, P., Ponkham, K., & Ekkapin, S. (2017). The results of STEM education methods for
enhancing critical thinking and problem solving skill in physics the 10th grade level.
International Conference for Science Educators and Teachers (ISET), 1-11.
Syam, M. & Efwinda, S. 2019. Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan
menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada mata kuliah Fisika Dasar di
FKIP Universitas Mulawarman. Laporan Penelitian, Lampung: FKIP Universitas
Mulawarman.
Torlakson, T. 2014. Innovate: A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and
Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public
Instruction.
Wartono, W., Diantoro, M., & Bartlolona, J.R.2018. Influence of Problem Based Learning
model on student creative thinking on elasticity Topics a Material. Jurnal Pendidikan
Fisika Indonesia, 14(1):32–39.
Yogantari, P., Yulianti, L., & Suyudi, A., 2014. Pengaruh model integrative learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fisika Kelas X MIA (Matematika dan Ilmu-ilmu Alam) SMAN 3 Malang, Jurnal Online Pendidikan Fisika
Universitas Malang, 2(1):1-7.
Yulianti, D., Wiyanto, Rusilowati, A., Nugroho, S.E., & Supardi, K. 2018. Problem Based
Learning models based on science technology engineering and mathematics for
developing student’s character. Journal of Physics: Conf. Series, 1170-012032.
Yusmanidar, Khaldun, I. & Mudatsir. 2017. Penerapan pembelajaran berbasis masalah
menggunakan metode praktikum dalam upaya meninggkatkan keterampilan proses
sains dan motivasi siswa pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. JIPI (Jurnal IPA dan
Pembelajaran IPA), 1(1):73-78

URL : https://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/17859

 

Document

 
back