Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Uun Sundari, Leny Heliawati, Anna Permanasari

Judul : STUDENTS PERCEPTIONS OF THE INTERNALIZATION OF ISLAMIC VALUES IN BUFFER SOLUTION TEACHING MATERIALS
Abstrak :

Pembelajaran yang bermuatan nilai ketuhanan memiliki peranan penting dalam menyiapkan generasi yang lebih berkualitas, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan moral yang baik. Penelitian bertujuan menganalisis persepsi siswa terhadap bahan ajar kimia pada materi larutan penyangga dengan internalisasi nilai keislaman. Penelitian membandingkan persepsi siswa terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan dengan bahan ajar yang diinternalisasi dengan nilai keislaman. Persepsi nilai keislaman dalam penelitian ini diukur dengan cara menganalisis motivasi, kegunaan, dan keyakinan bahan ajar larutan penyangga yang mengintegrasikan nilai keislaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto melalui pengumpulan data secara langsung kepada responden melalui metode angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan kepada 50 siswa kelas XI dan XII. Sasaran analisis kebutuhan ini difokuskan kepada siswa yang belajar di sekolah berbasis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa pada kategori sangat membutuhkan bahan ajar dengan internalisasi islam adalah sebanyak 36 orang (72%), dibutuhkan 14 orang (28%), dan tidak ada yang berpandangan bahan ajar dengan internalisasi islam tidak dibutuhkan. Simpulan penelitian bahwa siswa di sekolah berbasis Islam memiliki persepsi yang baik dan membutuhkan bahan ajar larutan penyangga dengan menginternalisasi nilai keislaman. Kata Kunci: Persepsi siswa, internalisasi nilai keislaman, bahan ajar

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2020
ISSN/ISBN : ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
PTN/S : universitas pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Aminah, S. dan Sari, Y.N. 2016. Peningkatan kompetensi guru kimia dalam melaksanakan Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2) melalui models TIPEX. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VIII, dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan FKIP UNS, di Surakarta, 14 Mei 2016, ISBN 978-602- 73159-1-4, h.50-56.

Andani, D.T. dan Yulian, M. 2018. Pengembangan bahan ajar electronic book menggunakan software kvisoft flipbook pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(1):1-6.

Arnas, E.A.J. 2012. Pengaruh penggunaan laboratorium virtual dan laboratorium real terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga. (http://digilib.unimed.ac.id/pengaruhpenggunaan-laboratorium-virtualdan-laboratorium-real-terhadap-sikap-ilmiah-dan-hasil-belajar-kimia-siswa-smapada-pokokbahasan-larutan-penyangga-22868.html diakses 6 Mei 2020).

Darmana, A. dan Batubara, M. 2016. Kelayakan Bahan Ajar Kimia-Tauhid Berdasarkan Kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Respon Siswa. Medan: FMIPA Unimed. Drastisianti A. 2019. Analysis of student concept understanding on the material of buffer solution using three-tier test assisted by multiple representation teaching materials.  

URL : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/ article/view/16730

 

Document

 
back