Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Wawan Syahiril Anwar, Resyi A. Gani

Judul : Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan
Abstrak :

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model discovery learning  terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat pada hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar (74) termasuk kriteria sangat tinggi dengan ketuntasan belajar sebesar 87%, sedangkan pada hasil N-Gain kelas kontrol sebesar (55) termasuk kriteria sedang dengan ketuntasan belajar sebesar 62%. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B SD Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor berjumlah 59 peserta didik.
Dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan = 5% dengan menggunakan uji-t dua pihak didapatkan nilai t hitung 4,570603 > t tabel  2,002465. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model discovery learning dikelas IV B dengan pembelajaran menggunakan model konvensional dikelas IV A pada subtema sikap kepahlawanan di SD Negeri Puspanegara 03- Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : 2614-5596
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Buku

[1]   Alifitry,  Shilfia.  2020.  Model  Discovery  Learning  dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Guepedia.

[2]  Iskandar, Ranu. 2019. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta    Didik    SMK    Kompetensi    Keahlian    Teknik

Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak.

[3]  Iskandar, Ranu. 2019. Pedoman Penilaian Hasil Belajar

Peserta    Didik    SMK    Kompetensi    Keahlian    Teknik

Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak.

[4]  Ratnawulan,    E.    dan    Rusdiana,    H.    2015.    Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Jurnal

[5] Amaliah, R. R., Fadhil, A., dan Narulita, S. (2014). "Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan  Hasil  Belajar  PAI  di  SMA  Negeri  44 Jakarta". Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131.

[6]  Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). "Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning". JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21–25.

[7]   Fadillah,  A.  (2016).  "Analisis  Minat  Belajar  dan  Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". M A T H L I N E : Jurnal Matematika  dan Pendidikan Matematika1(2), 113–122.

[8]  Fauzi,   A.   R.,   Zainuddin,   Z.,   &   Atok,   R.   Al.   (2017). "Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88.

[9]  Firmansyah, D. (2015). "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika". Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.

[10] Friskilia,   O.,   &   Winata,   H.   (2018).   "Regulasi   Diri (Pengaturan  Diri)  Sebagai  Determinan  Hasil  Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43.

[11] Kasyadi,    Y.,    Kresnadi,    H.    dan    Sugiyono.    (2013). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw". Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, 1–12.

[12] Lestari,  P.  dan  Hudaya,  A.  (2018).  "Penerapan  Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta". Research and Development Journal of Education, 5(1), 45–60.

[13] Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia". Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia1(1), 23–29.

[14] Nuriyah,  N.  (2014).  "Evaluasi  pembelajaran".  Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

[15] Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

[16] Amaliah,   R.   R.,   Fadhil,   A.,   dan   Narulita,   S.   (2014). "Penerapan    Metode    Ceramah    dan    Diskusi    Dalam Meningkatkan  Hasil  Belajar  PAI  di  SMA  Negeri  44 Jakarta". Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131.

[17] Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). "Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning". JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21–25.

[18] Fadillah,  A.  (2016).  "Analisis  Minat  Belajar  dan  Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". M A T H L I N E : Jurnal Matematika  dan Pendidikan Matematika1(2), 113–122.

[19] Fauzi,   A.   R.,   Zainuddin,   Z.,   &   Atok,   R.   Al.   (2017). "Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88.

[20] Firmansyah, D. (2015). "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika".

Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.

[21] Friskilia,   O.,   &   Winata,   H.   (2018).   "Regulasi   Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43.

[22] Kasyadi,    Y.,    Kresnadi,    H.    dan    Sugiyono.    (2013). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu  Pengtahuan  Alam  Menggunakan  Tipe  Jigsaw"Program  Studi  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar  FKIP Untan, 1–12.

[23] Lestari,  P.  dan  Hudaya,  A.  (2018).  "Penerapan  Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta". Research and Development Journal of Education, 5(1), 45–60.

[24] Lubis, M. A. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Jakarta: KENCANA.

[25] Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017)."Penerapan  Model   Pembelajaran   Discovery   Learning untuk  Meningkatkan  Kemampuan  Berpikir  Kritis  dan  Hasil Belajar Kimia". Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia1(1), 23–29.

[26] Nuriyah,  N.  (2014).  "Evaluasi  pembelajaran".  Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

[27] Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

[28] Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9–17.

[29] Pingge,   H.   dan   Wangid,   M.   (2016).   "Faktor   Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka". JPSD, 2(1), 146–167.

[30] Putri,  R.  H.,  Lesmono,  A.  D.,  &  Aristya,  P.  D.  (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

[31] Ramliyana,     R.     (2016).     "Membangkitkan     Motivasi BelajarBahasa  Indonesia  Bagi  Penutur  Asing  (BIPA) Melalui Media Komik". Dialektika, 3(1), 1–19.

[32] Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241.

[33] Salamah,    U.    (2018).    "Penjaminan    Mutu    Penilaian Pendidikan". Evaluasi, 2(1), 274–293.

[34] Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta. Jurnal Profit, 6(1), 1–16.

[35] Samara,    D.    (2016).    "Pengaruh    Penerapan    Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri

Model Terpadu Madani Palu". Katalogis, 4(7), 205–214. [36] Siregar, R. L. (2017). "Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan

Islam". Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 59–75.

[37] Sriwahyuni,   D.   (2019).   "Upaya   Meningkatkan   Hasil Belajar Siswa Materi Pengertian dan Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada  Siswa  Kelas  V  Di  SDN  2  Ngembak  Kecamatan

Purwodadi Kabupaten Grobogan". Journal of Chemical Information and Modeling, 29(1), 1–8.

[38] Watini,   S.   (2019).   "Pendekatan    Kontekstual   dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini".

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90.

[39] Wulandari,     D.,     Susetyo,     dan     Amarizal.     (2017). "Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Pantun Pada

Siswa Kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2016/2017". Jurnal Korpus, 1(1), 22–31.

URL : http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/9099

 

Document

 
back