Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Qoute Nuraini Cahyaningrum M.I.Kom, Sari Rejeki M.Hum

Judul : Edutourism
Abstrak :

ABSTRACT Konotasi adalah asosiasi emosional yang dibawa oleh sebuah kata atau kalimat, sebagai tambahan pada makna yang eksplisit atau makna yang sebenarnya. Asosiasi emosional termasuk pada makna afektif dan asosiatif. Penelitian ini menganalisis makna konotasi (afektif dan asosiatif) pada kata Sport and Tourism dalam slogan Bogor Sport and Tourism. Tujuan lain penelitian ini untuk mencari apakah pesan daris logan tersebut sudah sesuai dengan persepsi informan atau belum. Penelitan ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Para informan diwawancarai untuk mencari makna afektif dan makna asosiatif dari kata utama slogan kabupaten Bogor. Kata Sport menghasilkan perasaan positif, sementara tourism bisa memunculkan makna positif dan negatif. Secara keseluruhan, asosiasi kata sport and tourism berhubungan dengan harapan tentang pariwisata yang ideal. Berhubungan dengan Kabupaten Bogor, kata-kata tersebut menimbulkan rasa penghargaan dan rasa bangga pada Kabupaten Bogor. Hal ini juga berhubungan dengan harapan peningkatan fasilitas yang mendukung industri pariwisata Kabupaten Bogor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang dikomunikasikan dalam slogan, Bogor The City of Sport and Tourism sama dengan persepsi afektif dan asosiatif informan

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2021
ISSN/ISBN : 2721-1371
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

1) Chaer, Abdul. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.2009. 2) Darmojuwono, Setiawati. Semantik. 2005. In Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder (Ed). Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. (114-122). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2009. 3) Indah, Imelda Kemara. Persepsi Masyarakat Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Kota Surakarta Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java). https:// digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37571/Persepsi Masyarakat Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Kota Surakarta Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java) (uns.ac.id). 2014 4) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Arti kata konotasi. https:// kbbi.kemdikbud.go.id//entri/KONOTASI. 2021. 5) Pateda, Mansoer.Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta. 2010 6) Pranawengtyas, Widyastuti . 2014. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37598/Media Sosial Dan City Branding (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas City Branding Kota Solo Melalui Akun Twitter @Tentangsolo) (uns.ac.id). 2014 7) Rahmanto, Andre. City Branding. Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah. Malang: Empatdua Media. 2020 8) Widhayani, Arrie. Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster. HM Publisher; Sukoharjo. 2020 9) Zurifan, Reza. Bogor Makin Pede dengan Titel The City of Sport and Tourism. https://www.inilahkoran.com/bogor/pr-1181012826/bogor-makin-pede-dengan-titel-thecity-of-sport-and-tourism. 201

URL :

 

Document

 
back