Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

RINI SRI INDRIANI

Judul : HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA
Abstrak :

Abstrak: Hubungan Efikasi Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 78 siswa dengan jumlah sampel 44 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,408 dalam pola Ŷ= 54,21+0,449x yang berarti tingkat hubungan dalam penelitian ini tergolong rendah. Besar hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial siswa ditunjukkan pada koefisien determinasi (r²) 0,17 atau 17% dan sisanya 83% ditentukan oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2,895 > ttabel 2,085 dengan taraf nyata 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Efikasi Diri dan Interaksi Sosial.
Abstract: Self-Efficacy Relationship with Student Social Interaction. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Pakuan Bogor University 2022. This research is quantitative research with a correlation approach. This research aims to find out the relationship of self-efficacy with social interaction class V Pabuaran State Elementary School 07 Cibinong District Bogor Regency. The population of the study was 78 students with a sample number of 44 students. This study was conducted in the odd semester of the 2021/2022 school year based on the results of the analysis obtained the path coefficient (rxy) 0.408 in the pattern Ŷ = 54.21 + 0.449x which means the level of relationship in this study is relatively low. The magnitude of the relationship of self-efficacy with the social interaction of students is indicated in the coefficient of determination (r²) of 0.17 or 17% and the remaining 83% is determined by other factors. The calculation of hypothesis testing resulted in thitung 2,895 > ttabel 2,085 with a real level of 0.05 so that it can be concluded that there is a positive and significant relationship between self-efficacy and social interaction of students in students of class V of Pabuaran State Elementary School 07 Cibinong District of Bogor Odd Semester of The Academic Year 2021/2022.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : 26145596
PTN/S : UNIVERSITAS PAKUAN Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR RUJUKAN
Buku
[1] Triyono, Rifai dan Muh. Ekhsan. Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Sukoharjo: CV. Sinaduta. 2018.
[2] Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Graindo Persada. 2012.
Jurnal
[3] Anitasari. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 202.
[4] Nasrillah. 2017. “Peranan Interaksi Dalam Komunikasi Menurut Islam”. Jurnal Warta. 52(April 2017):6.
[5] Nuraida, “Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Salebu Kecamatan Mangunreja”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2014.
Artikel/Modul/Diktat/Tesis
[6] Zulaini, Iwa. Hubungan Interaksi Sosial Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis SPS UNIMED: tidak diterbitkan. 2018.
[7] Fatonah, Siti. Hubungan Interaksi Sosial Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 44 Kota Bengkulu. Tesis SPS IAIn Bengkulu: tidak diterbitkan. 2021.
[8] Listriana, Desi. 2016. Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tesis pada SPS UNNES: tidak diterbitkan. 2016.
[9] Listyawandini Hubungan Efikasi Diri Dengan Keterlibatan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis pada SPS Unika Soegijapranata Semarang: tidak diterbitkan. 2019.
Prosiding/Artikel Seminar
[10]Latifah, Bai. “Hubungan Efikasi Diri Dan kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V”. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta. 2018.

URL : http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/9090/pdf

 

Document

 
back