Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuyus Rustandi, Hilda Septriani

Judul : PENGUATAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA MELALUI CERPEN ANAK ‘ULIN DI MONUMÉN’ KARYA TETTI HODIJAH
Abstrak :

Setiap bangsa memiliki karakteristik dan jiwa kebangsaan yang berbedabeda. Hal itu dapat dilandasi oleh berbagai faktor seperti nilai-nilai filosofi, sejarah, politik, sosial,
budaya, dan lain-lain. Berbagai nilai tersebut akan berkelindan sehingga mewujudkan jati diri
suatu bangsa yang harus dipertahankan oleh masyarakatnya. Implementasi pemertahanan tersebut
dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara, salah satunya adalah melalui karya sastra
kedaerahan yang ditulis oleh pengarang yang memang berorientasi pada aspek pelestarian bahasa
dan budaya daerahnya. Sebagai cerminan masyarakat, teks sastra daerah mempunyai tempat
khusus tersendiri yang berkaitan dengan jati diri bangsa Indonesia. Dalam penelitian ini, dibahas
secara lebih merinci nilai-nilai pendidikan budaya dan moral yang terkandung dalam kumpulan
cerita anak Ulin di Monumén karya Tetti Hodijah. Adapun metode yang digunakan adalah metode
deskriptif analisis dengan tahapan mengumpulkan data, merumuskan, dan menganalisis data yang
akan diteliti. Data yang diperoleh berupa catatan hasil telaah studi pustaka yang sudah diolah.
Sementara itu, tujuan penelitian ini yaitu memberikan gambaran bahwa melalui karya sastra
berupa cerpen anak yang berjudul Ulin di Monumén karya Tetti Hodijah turut berkontribusi
terhadap upaya penguatan jati diri bangsa Indonesia. Nilai pendidikan moral dan budaya yang
dimaksud seperti, nasionalisme, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghormati jasa para
pahlawan, danpelestarian budaya yang pada hakikatnya merupakan karakteristik dan jati diri
bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 6 / 2021
ISSN/ISBN : 2527-5151
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : BAHASA & SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Bastian, A., Rasyid, R., & Yusmah, Y. (2020).
Wujud Nilai Moral dalam Novel „Surat
Kecil Untuk Tuhan‟ Karya Agnes
Davanor. Cakrawala Indonesia, 5(2), 38-43.
Diakses: 12 September 2021.
Devianty, Rina. (2017). Membangun Karakter Anak
melalui Sastra. Jurnal Raudhah Vol V (1),
hal 1-16.
Didipu, Herman. (2010). Sastra Daerah (Konsep
Dasar, Penelitian, dan
Pengkajiannya).Gorontalo: UNG.
Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian
Sastra. Yogyakarta : Pustaka Widyautama.
Hodijah, Tetti. (2017). Ulin di Monumén. Bandung:
PT Kiblat Buku Utama.
Kaswardi, EM.K. (ed.). (1993). Pendidikan Nilai
Memasuki Tahun 2000.Jakarta : Gramedia
Widiasarana Indonesia.
KBBI, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia
(KBBI). [Online].Tersedia
dikbbi.kemdikbud.go.id/entri/pahlawan.
Diakses 18 Juli 2021.
Kurniawan, Heru. (2009). Sastra Anak dalam Kajian
Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga
Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.Yuyus Rustandi, Penguatan Jati Diri Bangsa ….
79
Naim, Ngainun dan Sauqi, Achmad. (2008).
Pendidikan Multikultural Konsep dan
Aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group.
Panglipur, Purbarini J, & Listiyaningsih, E. (2017).
Sastra Anak sebagai Sarana Pembelajaran
Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan
Berbagai Karakter di Era Global. FKIP EPROCEEDING, 687-696. Retrieved
from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkipepro/article/view/4947. Diakses: 15 Juli
2021.
Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan
Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta
Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang
Islam di Kota Pasuruan. Sains Psikologi,
6(1), 9–15. [Online] Tersedia:
https://media.neliti.com/media/
publications/128733-IDimplementasipendidikankarakter-semanga.pdf. Diakses:
20 Juli 2021
Ridlwan, Moh. & R. Kunjana Rahardi. (2021).
Menyusun Angkatan Sastrawan Lokal
dengan Penelitian Sejarah Sastra: Sebuah
Pandangan Konseptual. Briliant: Jurnal
Riset dan Konseptual, 6 (1), 124-131.
Diakses: 19 Juli 2021.
Setiadi, Elly. M. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya
Dasar. Jakarta: Kencana.
Subroto, Edi. (1992). Pengantar Metode Penelitian
Linguistik Struktural. Surakarta: Sebelas
Maret University Press.
Sudjiman, Panuti. (2006). Kamus Istilah Sastra.
Jakarta: Universitas Indonesia.
Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019). Culture and
CitizenshipLiteracy in Sundanese
Children'sLiterature. In Second Conference
onLanguage, Literature, Education,
andCulture (ICOLLITE 2018).
AtlantisPress.
Sutama.(2009). Metode Penelitian Pendidikan
Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D.
Surakarta: Fairuz Media.
Syam, Christanto. (2011). Hakikat
Penelitian Sastra. Pontianak: FKIP Untan.
Syarifuddin, Didin. (2017). Nilai Budaya Batik Tasik
Parahiyangan sebagai Daya Tarik Wisata
Jawa Barat.Jurnal Manajemen Resort dan
Leisure. Vol 14(2), 9-20.

URL :

 

Document

 
back