Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Hilda Septriani

Judul : STRATEGI DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN BIPA JARAK JAUH (PJJ) DI WINA, AUSTRIA
Abstrak :

Masa pandemi Covid-19 berpengaruh pada hampir semua tatanan masyarakat, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan salah satu bidang pengajaran yang ikut terkena imbasnya. Pandemi global yang dialami oleh hampir di seluruh negara menuntut setiap masyarakatnya untuk melakukan pembaharuan di segala aspek, termasuk juga pada pengajaran BIPA. Sasaran pemelajar BIPA yang akan dibahas dalam penelitian ini merupakan warga negara Austria yang belajar bahasa Indonesia di University of Vienna dan KBRI Wina selama satu semester antara tahun 2020-2021 yang dapat dikatakan masih berada pada masa pandemi ini. Jarak yang terbentang jauh antara Indonesia dengan Austria pada masa modern ini bukan lagi menjadi hambatan. Pemanfaatan berbagai media teknologi dan strategi digitalisasi yang dilakukan selama pengajaran BIPA tersebut menjadi upaya jitu yang diimplementasikan guna menyiasati efektivitas pembelajaran jarak jauh tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan penulis yaitu deskriptif analisis dan studi literatur untuk menguraikan strategi digitalisasi dalam pengajaran BIPA daring untuk pemelajar di Austria. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan berbagai media digital dalam pengajaran BIPA daring bagi pemelajar di Austria. Namun kemampuan untuk mengakses media digital tersebut ternyata masih dianggap sulit oleh beberapa pemelajar di kelas. Hal itu yang menjadi tantangan tersendiri ketika mengajarkan bahasa Indonesia untuk orang asing melalui metode PJJ. Berbagai strategi digitalisasi dan implementasi tersebut akan diuraikan secara lebih mendetail dalam hasil penelitian sebagai representasi keefektifan pemanfaatan berbagai platform teknologi dalam pengajaran BIPA tersebut.

Kata Kunci: BIPA, strategi digitalisasi, tantangan, PJJ Austria

Tahun : 2021 Media Publikasi : Seminar Nasional
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 5 / 1 / 2021
ISSN/ISBN : 2541-349X
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : BAHASA & SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing quality e-learning environments for emergency remote teaching in coronavirus crisis. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 11(2), 135–137.

Anshori, S. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL (TANTANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 194–202.

Aziz, E. A. (2021). Badan Bahasa Targetkan 100.000 Pemelajar Baru BIPA pada Tahun 2024. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/berita/3435/badan-bahasa-targetkan-100000-pemelajar-baru-bipa-pada-tahun-2024

Berk, R. . (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 5(1), 1–21.

Husamah. (2014). PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Prestasi Pustaka.

Ifthakar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, 3.

Sugono, D. (2003). Bahasa Indonesia Masuk Pasar Bebas. Harian Kompas, 50.

Tran, L. T. (2020). Teaching and engaging international students: People-to-people connections and people-to-people empathy. Journal of International Students, 10(3), xii–xvii.

Zaenuri, M. (2018). PENGEMBANGAN LAMAN MEDIA AUDIOVISUAL BERMUATAN MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 60–65.

URL :

 

Document

 
back