Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Tjut Awaliyah Zuraiyah, Halimah Tus Sadiah, Yetty Husnul Hayati, Lia Dahlia Iryani, Diki Candra Suandi

Judul : RANCANG BANGUN E-COMMERCE HASIL PANEN DAN OLAHAN HASIL TANI BERBASIS WEBSITE
Abstrak :

Serikat Petani Indonesia menyatakan bahwa masalah utama yang dialami petani hingga saat ini adalah kesulitan pemasaran hasil panen. Harga hasil panen banyak ditetapkan oleh tengkulak sehingga para petani mengalami kerugian karena modal kerja yang sudah dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil penjualan hasil panen yang diperoleh. Selain itu kondisi pandemi Covid 19 juga mempengaruhi proses penjualan hasil panen. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem penjualan online atau e-commerce yang dapat memfasilitasi para petani untuk menjual hasil panen dan olahan taninya langsung baik kepada distributor maupun langsung kepada konsumen. Metode Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Tahapan dari penelitian ini meliputi analisis kebutuhan fungsional, perancangan, implementasi dan pengujian. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa e-commerce hasil panen dan olahan tani yang memiliki fitur menampilkan daftar produk dan harganya, fitur pemesanan, fitur penawaran, fitur laporan penjualan produk dan grafik penjualan. Aplikasi ini telah diuji menggunakan blackbox testing. Skor hasil pengujian sistem ini menggunakan blackbox testing adalah 100%, yaitu sistem berjalan sesuai dengan output yang diharapkan.

Kata kunci: e-commerce, penjualan online, hasil panen, olahan hasil tani, website.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 16 / 2022
ISSN/ISBN : 2579-3497
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMPUTER
Bibliography :

[1] U. Isbah, R.Y. Iyan. Analisis Peran Sektor Pertanian Dalam Perekonomian dan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, vol.7, no.19, pp.45-54, November 2016.

[2] Z. Majidah, Sukidin, W. Hartanto. Peranan Sektor Pertaniandalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Jember (Ditinjau dari PDRB, Penyerapan Tenaga Kerja Dan Indeks Harga Konsumen). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. vol.15, no1, pp. 97-102, 2021.

[3] L.A.Megasari. Ketergantungan petani terhadap tengkulak sebagai patron dalam kegiatan proses produksi pertanian (studi di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri).Universitas Airlangga. 2019. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmntsce92630dfefull.pdf.

[4] Kasmi. A.N.Candra. Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. vol.15, no.2, pp.109-116, Desember 2017.

[5] I.M.A.Pranata, G.S.Darma. Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen dan Bisnis. vol.11, no.1, pp.69-81, Februari 2014.

[6] H.A. Mumthana, S. Nita, A.W. Tito. Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran.Khazanah Informatika Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol 3, no.7, pp. 6-15, Juni 2017.

[7] D. Apriadi and A. Y. Saputra, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian”, RESTI, vol. 1, no. 2, pp. 131-136, Oktober. 2017.

[8] R.Sengkey.Tulung. IBM Pemanfaatan E-Commerce dalam Memasarkan Hasil-Hasil Pertanian. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, no. 3, pp.111-115,2017.

[9] M. Tabrani, E. Pudjiarti. Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi Inventory PT. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, vol. 1, no.2, pp, 30-40, Desember 2017.

[10] G. W. Sasmito. Penerapan metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol 2, pp. 6-12, Januari 2017.

[11]  A.R. Sinulingga, M.Zuhri, R.B.Mukti, Ziasyifa, A. Saifudin. 2020. Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja menggunakan Teknik Equivalence Partitions, Jurnal Teknologi Sistem Infomasi dan Aplikasi, vol.3, no. 1, pp. 9-14, Januari 2020.

[12] T.S. Jaya. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundry Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik

URL : http://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek/article/view/4048

 

Document

 
back