Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rina Rosdiana, Sandi Budiana, Tri Mahajani, Stella Talitha

Judul : PENERAPAN HOTS PADA SOAL-SOAL BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA
Abstrak :

Penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan saat terjadinya pembelajaran, sementara penilaian akhir dilakukan setelah proses pembelajaran.Tujunnya untuk mengetahui ketercapaian kompetensi dasar dalam Kurikulum (2013). Instrumen penilaian dapat disusun secara mandiri oleh guru atau  dari sumber lainnya. Perlu pencermatan terhadap aktivitas unttuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa. Peran guru untuk menyiapkan perangkat latihan atau soal menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. tingkat tinggi terkuasai. Proses pembelajaran akan berkualitas manakala dipersiapkan sarananya, yaitu ketersediaan buku teks pelajaran.

Penyusunan soal harus mengacu pada pemenuhan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Ortder Thinking Skills). Buku ini bertujuan mendeskripsikan distribusi penerapan tingkatan kognitif dalam penilaian berdasarkan teori Benyamin Bloom Revisi (Anderson dan Kartwolh) pada buku Teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Pentingnya penelitian ini adalah pendeskripsian  kemampuan berpikir tingkat tinggi yang  disajikan dalam soal-soal bahasa Indonesia memberikan stimulus yang berarti dalam penguasaan kompetensi. Berlatih berpikir tingkat tinggi akan mengasah keterampilan Abad 21.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2021
ISSN/ISBN : 978-623-7705-23-9
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

P. Kwangmuang, S. Jarutkamolpong, W. Sangboonraung, and S. Daungtod, “The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools,” Heliyon, vol. 7, no. 6, p. e07309, 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07309.

N. P. S. Winata, I. B. Putrayasa, and I. N. S. Sudiara, “Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 2, no. 1, pp. 1-12., 2014, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/2988/2478.

S. sahrul Asri, “Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Kurikulum 2013,” RETORIKA J. Ilmu Bhs., vol. 3, no. 1, pp. 70–82, 2017, doi: 10.22225/jr.3.1.94.70-82.

A. Walid, S. Sajidan, M. Ramli, and R. G. T. Kusumah, “Construction of the assessment concept to measure students’ high order thinking skills,” J. Educ. Gift. Young Sci., vol. 7, no. 2, pp. 237–251, 2019, doi: 10.17478/jegys.528180.

Kemendikbud. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta.

Kemendikbud. 2019. Panduan Penulisan Soal HOTs: High order thinking skills.Jakarta.

Kiswara, Andreas Bagas. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Hots Pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Smk Negeri Di Kota Surakarta” dalam Jurnal Informasi  dan Komunikasi Administrasu Perkantoran.  Surakarta

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rosdiana, 2011. Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Kontekstual di SMPN 5 Bogor (Suatu Kajian Etnografi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Rusyana, dkk. 2002. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD dan SMU. Jakarta: Depdiknas.

Safari M dan Benny W. 2008. Penilaian Bahasa Indonesia SMA/MA:Program Studi Bahasa. Jakarta: Depdiknas.

URL :

 

Document

 
back