Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nur Hikmah

Judul : Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstrak :

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor berjumlah 90 peserta didik, dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors, kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12 + 0,41X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,47 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang berarti pengaruhnya sedang. Sedangkan koefesien determinasi sebesar 22,09%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12+0,41x, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan kenaikan minat belajar matematika sebesar 0,41 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : 26145596
PTN/S : Universitas pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

  1. Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
  2. Sudarsana, D. (2020). COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN. Yayasan Kita Menulis.
  3. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PRENAMEDIA GROUP.

URL : http://Journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

 

Document

 
back