Abstrak |
: |
Dalam pembelajaran kanji, pada umumnya siswa selalu dilatih pengajar bagaimana cara penulisan dan cara bacanya. Pengajar menuliskan kanji, kemudian siswa mengikutinya. Hal ini tentu saja tidak membuat siswa mandiri, siswa hanya tergantung kepada apa yang guru ajarkan. Berdasrkan hal itu, peneliti mencoba menggunakan metode flipped class dalam pembelajaran kanji. Hal ini peneliti lakukan agar siswa menjadi mandiri tidak tergantung kepada pengajar. Dalam kegiatan pembelajarannya, pengajar menyuruh siswa latihan menulis janji sendiri di rumah, mencari onyomi dan kunyomi, serta mencari jukokugo dari masing-masing kanji di setiap pelajaran. Objeknya adalah mahasiswa semester V, jumlah 20 orang. Rumusan masalahnya adalah:(1) Bagaimana kemampuan kanji N3 mahasiswa sebelum menggunakan metode flipped class dengan “website tanoshiijapanese” sebagai media pembelajarannya?(2) Bagaimana kemampuan kanji N3 mahasiswa setelah menggunakan metode Flipped class dengan “website tanoshiijapanese” sebagai media pembelajarannya?(3) Apakah metode
|