Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yelni Rahmawati

Judul : [PDF] dari unpak.ac.id Fenomena Virtual Idol Dalam Kebudayaan Populer Jepang Dilihat Dari Kawaii Bunka Studi Kasus: Hatsune Miku
Abstrak :

Penelitian ini membahas fenomena virtual idol dalam kebudayaan populer Jepang dilihat dari kawaii bunka dengan studi kasus Hatsune Miku. Penelitian ini meliputi studi pustaka yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hatsune Miku yang merupakan to koh hologram tiga dimensi (3D) disejajarkan dengan idola/bintang nyata (real idol) dilihat dari gaya kawaii yang terdapat pada Hatsune Miku dan menunjukkan dimensi baru gaya kawaii yang terdapat pada virtual idol.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan antara real idol dan virtual idol, seperti pada penampilan dan gaya mereka yang terlihat kawaii. Sedangkan perbedaan yang ada adalah suara yang dihasilkan oleh virtual idol terdengar lebih halus. Suara halus dan tinggi merupakan jenis suara kawaii. Kemudian dari semua tanda yang dimiliki oleh Hatsune Miku, ia merupakan simbol dari gaya kawaii. Dimensi baru dalam mendukung gaya kawaii ialah teknologi dan peran aktif penggemar.

 

Kata kunci: Virtual Idol, Hatsune Miku, Kawaii, Kebudayaan Populer

Tahun : 2015 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 10 / 1 / 2015
ISSN/ISBN : 0853-5876
PTN/S : Universitas Indonesia Program Studi : BAHASA & SASTRA JEPANG
Bibliography :

Adris, Vivi, T. 2008. Feneomena Kawaii Bunka Dalam Perilaku Konsumen Anak Muda Jepang (1990-2008). Tesis. De pok: Universitas Indonesia.

 

Aoyagi, H. 1999. Island of Eight Mil- lion Smile: Pop-Idol Performance and the Field of Symbolic Production (Disertasi). The University of Columbia.

 

Azuma, Hiroki. 2009. Otaku Japans Database Animals. Translate by Jonathan E abel and Shion Kono. Minnepolis London: University of Minnesota Press.

 

Barker, Chris. 2000. Cultural Studies:Teori & Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana

 

Bestor, Theodore C. 1989. Lifestyle and Popular Culture in Urban Japan. (editor: Powers, Richard Gid., & Kato Hi detoshi). Greenwood Press.

 

Bolton, Christopher., Istvan Csicsery Ronay JR and Taysumi Takayuki (Editors).

2007. Robot Ghosta and wired Dreams. Japanese Science Fiction From Origin to Anime. Minnepolis, London: University of Minesota Press.

 

Craig, J Timothy. 2000. Japan Pop! Inside The World of Japanese popular Cul- ture. New York: M.E Sharpe Inc.

 

Davies, Ioan. 1995. Culture Studies and Beyond. London: Routledge.

 

Davis, Roger J., & Osamu Ikeno.

2002. The Japanese Mind: Undestanding Contemporary Japanese Culture. USA: Turtle Publishing.

 

Edward, Tim. 2007. Cultural Theory

Clasical and Contemporary Position. California: SEGA Publications.

 

Hartley, John. 2002. Communica- tion, Culture and Media stusies: The Key Concept Edition. London: Routledge.

 

Isnaoen, S Iswidayati. 2006. Pendekatan Sistematik Seni Lukis Jepang Periode 80 90 an Kajian Estetika Tradi- sional Jepang Wabi Sabi. Semarang: Uni versitas Negeri Semarang Press.

 

Kelts, Roland. 2006.Jaoan America: How Japanese Pop Culture has Invaded the U.S. New York: Palgrave Macmillan.

 

Lewis, A Lisa. 2001. Adoring Audi- ence Fan culture and popular Media. Lon don & New York: Routledge.

 

Mowen, John C., and Minor, Michel.

2002. Perilaku konsumen jilid 2. Jalarta: Erlangga.

Ohkura, M., Goto,S., Murai,S., & Aoto, T. Tanpa tahun. Systematic Study on Kawaii Pruducts: Kawaii Shape and Colors. Department of Information Sci ence and Engineering, Shibaura Institute of Technology

 

Schilling, Mark. 2004. The Ency- ilopedia of Japanese Pop Culture. USA: Weatherhill Inc.Storey, John. 1993. An Introduction

 

Guide to Culture Theory and Popular Cul- ture. London: Biddles Ltd. Guidford and Kings Lynn.

 

Sugimoto, Yosio. 2003. An Introduc- tion to Japanese Society. USA: Cambridge University Press.

 

Sutrisno, Mudji. Tanpa Tahun. Cul- ture Studies: Tantanngan bagi Teori-Teori Besar Kebudayaan. Depok: Koeskoesan.

 

Kato, Hideyoshi. 1989. Handbook of Japanese Popular Culture.Westport: Greenwood Press.

 

Kitagawa, Junko. 1999. Nari Hibiku

Nihon no Popular Ongaku to Gender. Tokyo.

 

Yomota, Inuhiko. 2006. ???? (The

Theory of Kawaii). Tokyo: Chikuma Shinso.

 

 

Data Jurnal

Bucley, Sandra. 2002. Enclycopedia of Contemporary Japanese Culture. Vol,

42 No 1, P 8 America Library Association. http://www. Jstor.org/stable/20863946. Di unduh pada 14 Mei 20013/ 01.15)

 

Codry, Ian. 2011. Miku: Japans Vir- tual Idol and Media Platfromhttp://civic. mit.edu/blog/condry/mikujapansvirtual idolandmediaplatform. Diunduh pada 14

Desember 20012/ 10.34)

Jeffrey, C Goldfarb. 2006. Dialogue,

URL :

 

Document

 
back