Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Winda Hamidah, Nurlinda Safitri, Arita Marini, Aripin Maksum

Judul : Penguatan Sastra Multikultural Sebagai Media Komunikasi di Sekolah Dasar
Abstrak :

Sastra multikultural berhubungan dengan perubahan masyarakat global dan lokal yang menjadi pluralistik. Pada bacaan sastra multikultural merespons kondisi pluralistik tersebut dan menginterpretasikannya dalam karya sastra, khususnya, pada bacaan sastra anak yang merujuk pada peningkatan kemampuan literasi dan komunikasi. Sastra multikultural berpotensi menjadi media komunikasi dan pendidikan karakter bangsa di Sekolah, yang mana, saat ini, para guru, pemerintah, dan penulis mengembangkannya. Lebih dari itu, sastra multikultural mampu melampaui batasan agama, etnis, bahasa, budaya, dan bangsa. Secara praktis, aktivitas kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler bisa menjadi medium untuk menyosialisasikan nilai-nilai multikultural melalui sastra. Lebih khusus lagi, sastra multikultural berpotensi menjadi media yang mempersatukan dan menggabungkan substansi lokal, nasional secara damai.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 6 / 2022
ISSN/ISBN : 2549-5119
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Al-Ma ruf, Ali Imron. 1995. “Signifikansi Ilmu-ilmu Humaniora dalam Pembangunan Bangsa,” dalam Orasi Ilmiah, dalam Upacara Wi- suda Sarjana Unmuh Surakarta, 18 Oktober 1995. Appadurai, Arjun. 1991. “Global Ethnoscape: Notes and uenesfor Transnational Anthropology,” dalam Recapturing Anthropology Working in the Present, Richard G. Fox (Ed.). Santa Fe, New Mexico: School of American Research Press. Dewanto, Nirwan. 1991. “Kebudayaan Indo- nesia: Pandangan 1991,” dalam Prisma, No. 10 Tahun XX, Oktober 1991. Dewanto, Nirwan. 1992. “Seni di Zaman Global,” dalam Festival Mahasiswa Seni se-Indonesia 1992. Yogyakarta: Senat Mahasiswa ISI Yogyakarta. Ekstrand, L.H. 1997. “Multicultural Edu- cation,” dalam Saha, Lawrence J. (Eds). International Encyclopedia of the Sociology of Education. New York: Pergamon. Faruk H.T. 2001. Beyond Imagination Sastra Mutakhir dan Ideologi. Yogyakarta: Gama Media. Garcia, Ricardo L. 1982. Teaching in a Pluralistic Society: Consepts, Models, Strategies. New York: Harper Row Publisher. Heryanto, Ariel. 1985. Perdebatan Sastra Kontekstual. Jakarta: Rajawali Press. Naisbitt, John and Aburdene, Patricia. 1990. Ten New Directions for the 1990’s Megatrends 2000. Megatrends Ltd. Rampan, Korrie Layun. 1997. Wanita Penyair Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Riffaterre. 1978. Semiotic of Poetry. Blomington and London: Indiana University Press. Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya. Toffler, Alvin. 1987. Kejutan Masa Depan, (Terj. Sri Koesdiyantinah). Jakarta: PT Pantja Simpati. Tohari, Ahmad. 2003. Ronggeng Dukuh Paruk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

URL :

 

Document

 
back