Judul | : | MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP NEGERI 3 KOTA BOGOR | |||
Abstrak | : | Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bogor dalam menulis teks deskripsi menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, catatan lapangan, tes, wawancara, dan angket siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap menulis deskripsi melalui media audio visual. Pada saat siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 70, 86 atau berada pada tingkat ketuntasan 73, 12%., sedangkan pada saat siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 79, 89 atau berada pada tingkat ketuntasan 90, 74%.. Peningkatan juga terjadi terhadap motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta dalam menyelesaikan tugas. |
|||
Tahun | : | 2020 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Terakreditasi B |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 01 / 04 / 2020 |
ISSN/ISBN | : | 2550-0406 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: RajawaliPers, 2010 Dalman, 2014. Keterampilan Menulis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. cet. 3, h. 94 Finoza, Lamuddin, 2005. Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Diksi Insan Mulia. cet. XI, h. 155-156 Hardi, Waryanto Nur. 2007. Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran. uny. Ac.id. Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: DIVA Press. Kodir. Abdul . 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Sakinah, Dina. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii Mts Nur Asy-Syafi’iyah Ciputat, Tangsel. Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta. Suchyadi, Y. 2017. Relationship between Work Motivation and Organizational Culture in Enhancing Professional Attitudes of Pakuan University Lecturers. Journal of Humanities and Social Studies, 01(01). https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v1i1.372 Suchyadi, Y., & Nurjanah. 2018a. Relationship between Principal Supervision in Increasing the Job Satisfaction of Private Junior High School Teachers in East Bogor District. Journal Of Humanities And Social Studies, 02(01), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v2i1.818 Suchyadi, Y., & Nurjanah, . 2018b. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 3 Kota Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 01, 177–180. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1345 Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa. |
|||
URL | : | https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/download/1994/1603 |