Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nurjanah, Yudhie Suchyadi

Judul : MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP NEGERI 3 KOTA BOGOR
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bogor dalam menulis teks deskripsi menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, catatan lapangan, tes, wawancara, dan angket siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap menulis deskripsi melalui media audio visual. Pada saat siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 70, 86 atau berada pada tingkat ketuntasan 73, 12%., sedangkan pada saat siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 79, 89 atau berada pada tingkat ketuntasan 90, 74%.. Peningkatan juga terjadi terhadap motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta dalam menyelesaikan tugas.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 04 / 2020
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan, Bandung: Remaja  Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: RajawaliPers, 2010

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. cet. 3, h. 94

Finoza, Lamuddin, 2005. Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Diksi Insan Mulia. cet. XI, h. 155-156

Hardi,   Waryanto   Nur.  2007. Penggunaan   Media   Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran. uny. Ac.id.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: DIVA Press.

Kodir. Abdul . 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka

Sakinah, Dina. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii Mts Nur Asy-Syafi’iyah Ciputat, Tangsel. Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Suchyadi, Y. 2017. Relationship between Work Motivation and Organizational Culture in Enhancing Professional Attitudes of Pakuan University Lecturers. Journal of Humanities and Social Studies, 01(01). https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v1i1.372

Suchyadi, Y., & Nurjanah. 2018a. Relationship between Principal Supervision in Increasing the Job Satisfaction of Private Junior High School Teachers in East Bogor District. Journal Of Humanities And Social Studies, 02(01), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v2i1.818

Suchyadi, Y., & Nurjanah, . 2018b. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 3 Kota Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 01, 177–180. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1345

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/download/1994/1603

 

Document

 
back