Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Resyi A. Gani

Judul : HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kadumanggu 03 Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, pada siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 62,9, siklus II 86,125, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Perubahan sikap siswa siklus I 49,46, siklus II 90,46, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Perubahan keterampilan siswa siklus I 60,13, siklus II 86,13, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 37%, siklus II 87%, sudah melampaui KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kadumanggu 03 Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Inkuiri Terbimbing.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : ISSN: 2614-5596; DOI : 10.31764
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Aminrad, Z., Sayed Zakariya, S. Z. B., Samad Hadi, A., & Sakari, M. (2013). Relationship between awareness, knowledge and attitudes towards environmental education among secondary school students in Malaysia. World Applied Sciences Journal, 22(9), 1326–1333.

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. Dailiati, D. S. (2018). Kebijakan Retribusi Kebersihan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Jakad Publishing.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. 4(24), 37–49.

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51.

Habibie, A. (2020). Hubungan antara efikasi diri dan pengetahuab lingkungan dengan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan .Relationship between Self-Efficacy and Environment Knowledge with Responsibility Environment Behavior. 04(01), 21–26.

Hardiana, D. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat. Jurnal Buana, 2(2), 495.

Hidayati, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap /;'loKebersihan Lingkungan Di Sdn 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 78–87.

Masruri, U. N. (2014). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. AtTaqaddum, 6(2), 411–428.

Mustafa, H. (2012). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 44(1), 25– 30.

Neneh, B. N. (2019). From entrepreneurial intentions to behavior: The role of anticipated regret and proactive personality. Journal of Vocational Behavior, 112(May 2018), 311–324.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48.

Resyi A. Gani, Fitri S. S., Yuli M., (2021). Bumi Antariksa: Kajian Teori, Fakta dan Praktek, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi PGSD. Deepublis Publisher. 187-203. Rusmini. (2018). Dasar dan jenis ilmu pengetahuan. EduBio, 5, 79–94.

Sawitri, L. D. (2018). Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 1(2), 135.

Turan, E. Z. (2019). Teacher canditates’ environmental awareness and environmental sensitivity. International Journal of Higher Education, 8(4), 202–207.

Utaminingsih, A. (2014). Perilaku Organisasi. UB.Press. Vaish, A. (2016). Empathy and prosocial behavior. In The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. Elsevier. Wiryono. (2013). Pengantar Ilmu Lingkungan. PERTELON MEDIA .

Xu, L., & Davenport, M. A. (2020). Dynamic Knowledge Embedding and Tracing. ArXiv, Edm, 524–530.

Yusuf, R., Fajri, I., Putra, I., Studi, P., Pendidikan, D., Pengetahuan, I., Pascasarjana, S., Syiah, U., Kuala, U. S., Ar-raniry, N., Lingkungan, P., & Adiwiyata, S. (2020). Hubungan Kewarganegaraan 

URL : http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/6666/pdf

 

Document

 
back