Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Resyi A. Gani

Judul : HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian

ini merupakan penelitian kuatitatif dengan pendekatan korelasi pada pengetahuan lingkungan sebagai variabel bebas dan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah kelas IVB, VB, dan VIA SD Negeri Citaringgul 01 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 114 dengan sampel sebanyak 88 responden. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan soal tes pilihan ganda untuk variabel Pengetahuan lingkungan dan angket kuisioner untuk variabel perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan pengetahuan lingkungan dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,334 dan dalam pola Ŷ = 69,36 + 0,49x, sedangkan dengan koefisien determinan sebesar 11,2% dan sisanya sebanyak 88,8% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara pengetahuan lingkungan dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : 2614-5596
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Aminrad, Z., Sayed Zakariya, S. Z. B., Samad Hadi, A., & Sakari, M. (2013). Relationship between awareness, knowledge and attitudes towards environmental education among secondary school students in Malaysia. World Applied Sciences Journal, 22(9), 1326–1333.

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. Dailiati, D. S. (2018). Kebijakan Retribusi Kebersihan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Jakad Publishing.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. 4(24), 37–49.

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51

Habibie, A. (2020). Hubungan antara efikasi diri dan pengetahuab lingkungan dengan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan .Relationship between Self-Efficacy and Environment Knowledge with Responsibility Environment Behavior. 04(01), 21–26.

Hardiana, D. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat. Jurnal Buana, 2(2), 495.

Hidayati, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Di Sdn 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 78–87 Masruri, U. N. (2014). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. AtTaqaddum, 6(2), 411–428.

Mustafa, H. (2012). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 44(1), 25– 30. Neneh, B. N. (2019). From entrepreneurial intentions to behavior: The role of anticipated regret and proactive personality. Journal of Vocational Behavior, 112(May 2018), 311–324.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48.

Resyi A. Gani, Fitri S. S., Yuli M., (2021). Bumi Antariksa: Kajian Teori, Fakta dan Praktek, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi PGSD. Deepublis Publisher. 187-203.

Rusmini. (2018). Dasar dan jenis ilmu pengetahuan. EduBio, 5, 79–94. Sawitri, L. D. (2018). Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 1(2), 135.

Turan, E. Z. (2019). Teacher canditates’ environmental awareness and environmental sensitivity. International Journal of Higher Education, 8(4), 202–207.

Utaminingsih, A. (2014). Perilaku Organisasi. UB.Press.

Vaish, A. (2016). Empathy and prosocial behavior. In The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. Elsevier.

Wiryono. (2013). Pengantar Ilmu Lingkungan. PERTELON MEDIA.

Xu, L., & Davenport, M. A. (2020). Dynamic Knowledge Embedding and Tracing. ArXiv, Edm, 524–530.

Yusuf, R., Fajri, I., Putra, I., Studi, P., Pendidikan, D., Pengetahuan, I., Pascasarjana, S., Syiah, U., Kuala, U. S., Ar-raniry, N., Lingkungan, P., & Adiwiyata, S. (2020). Hubungan Kewarganegaraan 

URL : http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/6666/pdf

 

Document

 
back