Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Siti Maulida Akhsan

Judul : HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstrak :

Penelitian ini menggunakan  pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor yang terdiri dari 84 sampel responden. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = -32,59 + 0,74X artinya setiap peningkatan satu disiplin belajar maka akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,74 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa rxy = 0,486 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,24 yang berarti disiplin belajar berkontribusi 24% terhadap hasil belajar Matematika maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2022
ISSN/ISBN : 000-000
PTN/S : Universitas Garut Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2012. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
26
 
Anitah, Sri. 2009.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haryono, Sugeng. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kependiidkan. Vol. 3 No. 3.  . Diakses tanggal 17 Maret 2019.
Heruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Hurlock, Elizabeth B. 2016. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Prassindo.
Karso. Dkk. 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kartono. Dkk. 2013. Guru Kelas SD. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendiikan. J.Pedagonal. Vo. 2 (1). https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/738
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter : Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rodakarya.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Novita, Lina & Agustina, Anisa. 2018. Bimbingan Orang Tua dengan Disiplin Belajar.  
Sihaloha, Lasmita. Dkk. 2018. Pengaruh Efikasi Diri (Self Effocacy) Terhadap Hasil Belajar ekonomi. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol.4 No.1.URL: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/5671. Diakses tanggal 15 Maret 2019.
Suhendri, Huri. Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap  Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1): 29-39 ISSN: 2088-351X. URL: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61. Diakses tanggal 14 Maret 2019.
Sumantri, Bambang. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. STKIP PGRI Ngawi: Media Prestasi. Vol VI No 3. http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/viewFile/53/pdf_25. Diakses tanggal 14 Maret 2019.

URL :

 

Document

 
back