Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuyun Elizabeth Patras, Siti Horiah, Dendy Saeful Zen Musbihinal F, Rais Hidayat

Judul : PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDIT Bina Insan Kamil Kota Depok Kota Depok. Populasi dari penelitian ini adalah 82 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa ditunjukan dengan analisis ststistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,93. Ini menunjukan adanya pengaruh antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa, sedang koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,86 atau sebesar 86%. Sisanya sebanyak 14% ditentukan oleh faktor lain. Rat-rata kemandirian belajar pada siswa sebesar 86% ditentukan oleh efikasi diri melalui persamaan regresi Ì‚ , artinya setiap kenaikan unit nilai efikasi diri akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 1,7 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar Siswa.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2021
ISSN/ISBN : P-ISSN: 2620-4363 & E-ISSN: 2622-1098
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Ariansyah, Maman, Osa Juarsa, and Daimun Hambali. 2019. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2(2):126–34.

Dewi, Ni Luh Putu Thrisna, Dkk. 2021. PENERAPAN METODE GAYATRI MANTRA & EMOTIONAL FREEDOM TEACHNIQUE (GEFT). Jawa Timur.

La, Tirtarahardja dan Sulo. 2016. PENGANTAR PENDIDIKAN. Makasar.

Lestari, Wahyu Puji, and Dian Ratnaningtyas Afifah. 2016. “Pengaruh Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smk Pgri 1 Madiun.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4(2). doi: 10.25273/counsellia.v4i2.263.

Mohammad, Asrori. 2019. PSIKOLOGI PEMBELAJARAN. Bandung. Mulyaningsih, Indrati Endang. 2014. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20(4):441–51.

Nasrodin. 2018. PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KELAS XI PK. Surakarta.

Tasaik, Hendrik Lempe, and Patma Tuasikal. 2018. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi.” Metodik Didaktik 14(1):45–55. doi: 10.17509/md.v14i1.11384.

Titik, Kristiyani. 2016. SELF REGULATED LEARNING KONSEP, IMPLIKASI, DAN TANTANGANNYA BAGI SISWA DI INDONESIA. Yogyakarta.

Widyaningrum, Risma, and Tanti Susilarini. 2021. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa.” IKRAITH Humaniora 5(2):34.

Yuliansyah, Yuliansyah, and Novia Pahleni Jahin. 2019. “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Intensi Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xii Smk Negeri 6 Palembang.” Jurnal Ilmiah Psyche 12(2):91–100. doi: 10.33557/jpsyche.v12i2.498.

URL :

 

Document

 
back