Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lita Karlitasari, Boldson Herdianto Situmorang, Agung Prajuhana Putra

Judul : Virtual Tour Campus Sebagai Media Promosi di Masa Pandemik Covid-19
Abstrak :

Penggunaan Virtual Tour saat ini sudah marak digunakan untuk memperkenalkan sarana prasarana yang dimiliki sebuah Kampus. Selama hampir satu tahun, pandemic COVID-19 membuat calon mahasiswa dan mahasiswi mengalami keragunan untuk melanjutkan perkuliahan. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran jika datang langsung ke kampus untuk melihat segala fasilitas di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi virtual tour campus sebagai alternatif media promosi di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan menggunakan augmented reality. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berupa game virtual, dimana sebelum menjelajahi program program studi, pengguna akan diminya memiliki karakter yang sesuai, kemudian dengan bantuan controlling joystick dari keyboard, maka pengguna dapat memasuki ruangan-ruangan beserta informasi di dalamnya, baik berupa template langsung atau menggunakan barcode untuk langsung menuju informasi di dalamya. Dengan demikian, selain pengguna menjadi lebih mengenal lingkungan Program Studi Ilmu Komputer beserta sarana prasarana didalamnya, juga menjadi sarana inspiratif, bahwa untuk mempelajari atau membuat aplikasi tersebut dapat dilakukan apabila masuk sebagai mahsiswa.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 19 / 2022
ISSN/ISBN : 1693-7554
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMPUTER
Bibliography :

R. Bastian, N. Budi, M. B. Wenas, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Perancangan Virtual Tour Kampus I Uksw,” Andharupa, vol. 4, no. 1, pp. 51–65, 2018.

T. S. M. Tengku Wook et al., “Campus Virtual Tour Design to Enhance Visitor Experience and Interaction in a Natural Environment,” Int. J. Multimed. Its Appl., vol. 10, no. 1/2/3, pp. 77–92, 2018, doi: 10.5121/ijma.2018.10307.

N. Bakre, A. Deshmukh, P. Sapaliga, and Y. Doulatramani, “Campus Virtual Tour,” Int. J. Adv. Res. Comput. Eng. Technol., vol. 6, no. 4, pp. 2278–1323, 2017, [Online]. Available: www.vit.edu.in.

T. F. Prasetyo, A. Bastian, and H. Sujadi, “Optimalisasi Penerapan Teknologi Virtual Reality Tour Kampus Universitas Majalengka Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” INFOTECH J., vol. 7, pp. 15–28, 2021, doi: 10.31949/infotech.v7i2.1313.

M. Mardainis, M. Arifin, R. Rahmaddeni, and Y. Efendi, “Virtual Tour Interaktif 360 Derajat Menggunakan Teknik Image Stitching Sebagai Media Informasi Kampus STMIK Amik Riau,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 209–222, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.4265.

A. P. Ramadhanty, P. W. Handayani, A. A. Pinem, and M. H. Hilman, “Virtual Tour Actual Usage: The Influence of Perceived Benefits and Sacrifices,” J. Sist. Inf., vol. 17, no. 2, pp. 62–76, 2021, doi: 10.21609/jsi.v17i2.1103.

L. P. Voronkova, “Virtual Tourism: On the Way to the Digital Economy,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 463, no. 4, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/463/4/042096.

O. El-Said and H. Aziz, “Virtual Tours a Means to an End: An Analysis of Virtual Tours’ Role in Tourism Recovery Post COVID-19,” J. Travel Res., 2021, doi: 10.1177/0047287521997567.

E. Warni, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Kampus Teknik Gowa,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 16–23, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/56/53.

I. Afriliana and J. Indriyanto, “Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama,” J. SMART COMP, vol. 7, no. 1, pp. 251–255, 2018.

S. Yudhistira, A. Riyantomo, and Mustagfirin, “Augmented Reality Media Pendukung Pengenalan Kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang,” pp. 140–145, 2017, [Online]. Available: https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/1892.

M. Billinghurst, A. Clark, and G. Lee, “A survey of augmented reality,” Found. Trends Human-Computer Interact., vol. 8, no. 2–3, pp. 73–272, 2014, doi: 10.1561/1100000049.

B. E. Kusuma, M. T. Tanzil, and R. Cenderawan, “Analisa dan Perancangan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Dalam Memberikan Petunjuk Navigasi Ruangan Pada Universitas Pelita Harapan Kampus Medan,” Inf. Syst. Dev., vol. 4, no. 1, 2019.

D. Hidayat and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri Padang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 6, no. 2, p. 75, 2018, doi: 10.24036/voteteknika.v6i2.102199.

D. A. Mawsally and E. Sudarmilah, “A Virtual-Reality Edu-Game: Save The Environment from the Dangers of Pollution,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 140–145, 2019, doi: 10.23917/khif.v5i2.8194.

URL : Virtual Tour Campus Sebagai Media Promosi di Masa Pandemik Covid-19 | Karlitasari | KOMPUTASI (unpak

 

Document

 
back