Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lia Amelia Megawati, Budi Arief

Judul : RELEVANSI ANTARA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DENGAN KETERAMPILAN ABAD 21 DAN SGDS
Abstrak :

Pendidikan berperan penting dalam menciptakan generasi muda sebagai Agent of Change dan Agent of Producer. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dicanangkan untuk menciptakan generasi muda yang secara signifikan diharapkan juga mampu menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan, dimana pada abad 21 ini pembelajaran dituntut tidak hanya mengandalkan pengetahuan saja tetapi juga keterampilan abad 21. Artikel ini bertujuan menjawab pertanyaan penelitian yaitu adakah relevansi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan Keterampilan Abad 21 dan SDGs?. Metode yang digunakan adalah metode survey dan alat pengumpulan data berupa kuisioner perspektif kebermanfaatan MBKM, keterampilan abad 21, dan SDGs. Hasil analisis data menunjukkan adanya relevansi yang tinggi antara MBKM dengan keterampilan abad 21 dan SDGs. Namun demikian minimya sosialisasi kebijakan MBKM, panduan dan prosedur operasional mengakibatkan masih rendahnya partisipasi mahasiswa. Disarankan perlu adanya peningkatan sosialisasi tingkat Program Studi pada mahasiswa baik daring maupun luring agar kebermanfaatan program ini dapat dirasakan seluruh mahasiswa.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 01 / 01 / 2021
ISSN/ISBN : 000-000
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : TEKNIK SIPIL
Bibliography :

  1. Alisjahbana, Armida Salsiah & Endah Murniningtyas. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Konsep Target dan Strategi Implementasi. Bandung: UNPAD Press
  2. Annur, Syuhan. Mustika Wati dkk. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 251-255
  3. Kan, A.U. & Murat, A. (2018). Investigation of Prospective Science Teacher’s 21st Century Skill Competence Perception and Attitudes Towards STEM. International Online Journal of Educational Science. 10 (4). 251-272
  4. Mardhiyah, R. H. Sekar N. F. Aldriani & Febyana Chitta. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura Jurnal Pendidikan. 12 (1), 29-40
  5. Pribadi, R.E. (2015). Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Papua. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional. 5 (3), 917-932
  6. Rahardjo, S. T., (2016). Sustanable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. SHARE Social Work Journal. 6 (2)
  7. Rawung, W. H. Deitje A. K dkk. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 10 (1). 29-34
  8. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
  9. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
  10. Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN. 1276-1283

URL : https://ppu.unpak.ac.id/Web

 

Document

 
back