Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Endah Tri Wahyuningsih, Santa

Judul : PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis esai deskripsi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik kausal. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk variabel penguasaan kosakata dan tes deskripsi untuk variabel keterampilan menulis deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Karangtengah Babakanmadang Kabupaten Bogor yang berjumlah 66 siswa. Sampel yang digunakan adalah 40 siswa, diperoleh dengan perhitungan menggunakan rumus Taro Yamane. Analisis regresi sederhana dan teknik korelasi menghasilkan model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu = (49 + 0,4X), dengan harga 38,808 lebih besar dari taraf nyata 0,05 sebesar 4,01 dan kontribusi berdasarkan penelitian hasil 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis esai pada siswa.

Kata Kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi; kosakata.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 03 / 4 / 2021
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1] Yunus, M dan Suparno. 2010. Keterampilan Dasar Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

[2] Tarigan. Henry Guntur. 2015. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

[3] Nurjanah and Y. Suchyadi, “Media Audio Visual Sebagai Media Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Di SMP Negeri 3 Kota Bogor,” Pedago. J. Ilm. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 40–44, 2020.

[4] Y. Suchyadi and . Nurjanah, “Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 3 Kota Bogor,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018, vol. 01, pp. 177–180.

[5] Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

[6] Permanasari, Dian. 2017. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat”. Jurnal Pesona. Vol. 3 No.2, h.156-162. ISSN 2356-2072.

[7] Akhyar, Fitria. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Textium.

[8] Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis.. Padang: Angkasa

[9] Finoza, Lamuddin. 2010. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.

[10] Kosasih. E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya

[11] Setiyaningsih. 2016. “Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media objek langsung”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 21.

[12] Keraf, Gorys. 2017. Deskripsi dan Eksposisi. Flores: Nusa Indah.

[13] Aljatila, La Ode Rahim. 2015. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Kooperative Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Khulisusu Barat”. Jurnal Humanika No.15, Vol. 3/ISSN 1979-8296.

[14] Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

[15] Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Malang: PT Indeks.

[16] Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFEYogyakarta. [17] Nurjannah. 2013. “Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu uruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 Soni”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 8. ISSN 2354-614X.

[18] Chadis. 2014. “Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Pemahaman Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Narasi”. Jurnal DEIKSIS | Vol. 06 No.02, h.79-88.

[19] Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

[20] Tama, Irviani Helma. 2014. “Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN Bobotsari”. Skripsi Pada Universitas Muhammadiyah Purwokerto: tidak diterbitkan.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/4760/2813

 

Document

 
back