Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Istiqlaliah, Mursidah, Gusnadi

Judul : JLILS
Abstrak :

Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) yang merupakan penyatuan antara penggunaan teknologi, pengetahuan di bidang pedagogi dan pengetahuan terkait konten pelajaran saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah untuk dipraktikkan di sekolah-sekolah. Para guru dituntut untuk mengembangkan satu lagi keterampilan dalam profesinya yaitu keterampilan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan prinsip pedagogi dan juga relevan dengan konten pelajaran. Dikarenakan pentingnya pengintegrasian TPACK ke dalam pembelajaran, materi mengenai TPACK saat ini mendapat porsi tersendiri dalam kurikulum Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tetapi bagaimana teknik mengajarkan TPACK agar keterampilan guru dalam mengintegrasikan TPACK ke dalam pembelajaran bisa meningkat? Dalam penelitian ini, peneliti yang juga sekaligus dosen pembimbing praktik pembelajaran pada program PPG mengarahkan mahasiswa untuk melakukan persiapan praktik pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Lesson Study. Adapun pengajaran TPACK tersebut dilakukan dengan teknik hands on pada tahap persiapan (plan). Setelah dilakukan perencanaan (plan), mahasiswa yang terpilih menjadi guru model akan melakukan praktik mengajar sebagaimana yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa, tetapi video pembelajaran guru model tersebut akan diobservasi oleh mahasiswa lainnya dan mahsiswa lain akan memberikan masukan dan hasil pengamatan saat fase refleksi (see). Setelah dilakukan tiga kali siklus praktik pembelajaran, mahasiswa menunjukkan peningkatan yang signifikan baik pada perangkat pembelajaran maupun pada praktik pembelajaran.

Kata kunci: TPACK, PPG, Lesson Study

Tahun : 2021 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 2 / 1 / 2021
ISSN/ISBN : 978-602-70002-0-9
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) yang merupakan penyatuan antara penggunaan teknologi, pengetahuan di bidang pedagogi dan pengetahuan terkait konten pelajaran saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah untuk dipraktikkan di sekolah-sekolah. Para guru dituntut untuk mengembangkan satu lagi keterampilan dalam profesinya yaitu keterampilan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan prinsip pedagogi dan juga relevan dengan konten pelajaran. Dikarenakan pentingnya pengintegrasian TPACK ke dalam pembelajaran, materi mengenai TPACK saat ini mendapat porsi tersendiri dalam kurikulum Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tetapi bagaimana teknik mengajarkan TPACK agar keterampilan guru dalam mengintegrasikan TPACK ke dalam pembelajaran bisa meningkat? Dalam penelitian ini, peneliti yang juga sekaligus dosen pembimbing praktik pembelajaran pada program PPG mengarahkan mahasiswa untuk melakukan persiapan praktik pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Lesson Study. Adapun pengajaran TPACK tersebut dilakukan dengan teknik hands on pada tahap persiapan (plan). Setelah dilakukan perencanaan (plan), mahasiswa yang terpilih menjadi guru model akan melakukan praktik mengajar sebagaimana yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa, tetapi video pembelajaran guru model tersebut akan diobservasi oleh mahasiswa lainnya dan mahsiswa lain akan memberikan masukan dan hasil pengamatan saat fase refleksi (see). Setelah dilakukan tiga kali siklus praktik pembelajaran, mahasiswa menunjukkan peningkatan yang signifikan baik pada perangkat pembelajaran maupun pada praktik pembelajaran.

Kata kunci: TPACK, PPG, Lesson Study

URL :

 

Document

 
back