Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Gde Ngurah Purnama Jaya

Judul : Evaluasi Kenyamanan Pejalan Kaki
Abstrak :

ABSTRAKSI

 

Sarana dan prasarana pejalan kaki sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari sebagai alternatif menuju tempat tujuan. Jalan Pajajaran di kota Bogor mempunyai fungsi sebagai jalan arteri dan berada dilokasi pusat kota yang terdiri dari aktifitas perdagangan dan jasa, pendidikan, terminal, Rumah sakit, dan perkantoran sehingga dianggap cocok untuk dijadikan wilayah studi karena aktifitas jalan yang cukup padat. Kenyamanan pejalan kaki seharusnya ditunjang dengan sarana dan prasarana yang layak tetapi pada kenyataannya trotoar yang ada belum bisa dikatakan layak apabila ditinjau dari beberapa faktor antara lain sirkulasi pejalan kaki, kebisingan sekitar trotoar, ukuran dan bentuk trotoar, keamanan trotoar baik dari kemungkinan apapun, kebersihan dan keindahan sekitar trotoar. Tujuan dari dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting disepanjang trotoar di Jalan Pajajaran, mengetahui pendapat responden dan pakar menyangkut kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kebijakan yang terkait dengan kenyamanan pejalan kaki di sepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran Kota Bogor. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner secara accidental sampling kepada pejalan kaki yang melewati jalan pajajaran sebanyak 100 responden, dokumentasi kebijakan, survey lapangan, perhitungan volume pejalan kaki, dan wawancara terkait variabel penunjang kenyamanan pejalan kaki yang terpenting.   Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan analisis perhitungan tabulasi hasil angket dan analisis tabel silang (crosstab). Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis deskriftif persentase mengenai persepsi pejalan kaki tentang kenyamanan ditinjau dari seluruh faktor diketahui dari jumlah 100 responden, menghasilkan zona 1 cukup baik 62,25%, zona 2 kurang baik 63,73%, dan zona 3 kurang baik 76,04%. Kondisi ini terkait pula mengenai tidak sesuainya antara kondisi trotoar dengan berbagai standar kebijakan teknis menyangkut trotoar. Adapun variabel yang paling penting menurut para pakar adalah faktor keamanan sedangkan menurut para responden adalah kebersihan.

Kata kunci: trotoar, kenyamanan, pejalan kaki

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 22 / 2021
ISSN/ISBN : 2774/3023
PTN/S : Universitas Pakuan Bogor Program Studi : PERENCANAAN WILAYAH & KOTA
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

 [Bappeda] Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor, 2010, Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bogor Tahun 2009-2029, Bogor.

[Dephub] Departemen Perhubungan, 1993, Keputusan Menteri Perhubungan  Nomor 65 1993 Tentang Penggunaan Trotoar, Jakarta.

 [Dephub] Departemen Perhubungan, 1993, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, Jakarta.

[Dephub] Departemen Perhubungan Darat Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1997, Nomor:SK.43/AJ007/DRJD/97 Tentang Rekayasa Fasilitas Pejalan Kaki Di Wilayah Kota, Jakarta.

 [Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Teknik, 1995, NO.  011/T/BT/1995 Tentang Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, Jakarta.

[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, NO. 004/T/BNKT/1990 Tentang Petunjuk Tertib Pemanfaatan Jalan, Jakarta.

[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Teknik, 1999, Standar Departemen Pekerjaan Umum Nomor: 032/T/BM/1999 Tentang Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum, Jakarta.

[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Direktorat Jendral Penataan Ruang.

[Dep P&K] Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan., 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: Balai Pustaka.

Hakim, R., dan  Hardi, U., 2003. Komponen Perancangan Arsitektur Lanseka,. Jakarta: Bumi Aksara.

Transportation Research Board (TRB). 2000. Highway Capacity Manual, National Research Council, Washington, DC.

Penulis Ir. G. N. Purnama Jaya, MT, Dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan. Lahir di Denpasar, 28 Nopember 1958. S1 Teknik Planologi ITB 1984 (tamat), S2 Teknik Sipil Transportasi UI, 2003 (tamat)

 

           

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/jurnalteknik/index

 

Document

 
back