Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Alo Karyati, Yelni Rahmawati

Judul : Pembelajaran Kanji Menggunakan Metode Flipped classroom dengan Media Online “Tanoshiijapanese.com†dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
Abstrak :

Dalam pembelajaran huruf Bahasa Jepang terdapat 3 huruf yang harus dipelajari, yaitu: Huragana, katakana, dan kanji. Dari ketiga huruf tersebut kanji merupakan huruf yang paling sulit. Pemebelajaran kanji ini selalu dipandang para pembelajar, karena penulisannya yang rumit. Karena penulisan yang rumit tersebut banyak siswa yang tergantung pada pengajar di setiapa kegiatan perkuliahan/pembelajaran. Pengajar menulis, siswa mengikuti apa yang ditulis pengajar. Sehingga membuat siswa kurang memiliki kemandirian. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba mempraktekan metode pembelajaran Flipped class pada kelas kanji semester V Universitas Pakuan. Dalam proses pembelajarannyan pengajar menyuruh siswa menyiapkan kunyomi dan onyomi, menulis alur penulisan kanji, mencari jukugo dari setiap unit kanji di setiap perkuliahan dimulai. Tugas diberikan 3 hari sebelum kegiatan perkuliahan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:(1) Apakah metode Flipped class menggunakan media online “tanoshiijapanense. com” dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar kanji?(2) Apakah metode flipped class menggunakan media online “tanoshiijapanese. com cocok diterapkan dalam pembelajaran kanji?(3) Kendala apakah yang dihadapi mahasiswa selama belajar menggunakan metode Flipped class dengan media online “tanoshiijapanese. com” sebagai media pembelajarnya. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa semester 5 Universitas Pakuan, sampel penelitiannya berjumlah 21 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriftif. Teknik Pengumpulan data …

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 9 / 2021
ISSN/ISBN : 2252-6250
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : BAHASA & SASTRA JEPANG
Bibliography :

Bergmann, J. &. (2012). Flip Your Cassroom : Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington, DC : Intenational Society for Techology in education. Choiroh, A., & Pratiwi, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Clasrom Metode Mind Mapping Terhadap Siswa dan Kemandirian Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed. Damayanti, & Sutama. (2009). Efektifitas Fliiped Classroom Terhadap Sikap dan Keterampilan Belajar Matematika Di SMK. Dimyati, & Mudjiono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta. Oxford, R. (1990). Language Learning Strategies : What Teacher Should Know. Rowley: Newburry House. Prasetiani, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan KAnji Melalui Media Game Online. Kiryoku E Journal UNDIP.. Rindaningsih , I. (2018). Efektifitas Model Fliiped Classroom Dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA.Unal, Z., & Unal, A. (2017). Comparison of Student Performance, Student Perception, and Teacher Satifaction With Traditional Versus Flipped Classroom Models. International Journal og Instruction. Yulianti, & Visiaty. (2013). Strategi Pembelajaran Kamji : Studi Kasus Pada Pembelajar. Al Azhar Indonesia Seri Humaniora.

URL : cholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=vT6C0zoAAAAJ&alert_preview_top_rm=2&c

 

Document

 
back