Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Sri Setyaningsih 1*) , Kania Rubiati

Judul : PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN GURU DAN KEADILAN ORGANISASI
Abstrak :

Abstrak. Kualitas layanan guru merupakan unsur penting terkait  pencapaian tujuan pendidikan nasional dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya. Survei awal kualitas layanan guru Pegawai Negeri Sipil di Sekolah Menengah Atas kota Bogor belum
mencapai hasil maksimal. Oleh karena itu, kualitas layanan guru menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan menemukan upaya
bagaimana kualitas layanan guru dapat ditingkatkan dengan cara meneliti hubungan kualitas layanan guru dengan variabel
kepribadian guru dan keadilan organisasi. Penelitian menggunakan metode statistik korelasional dan dilakukan analisis metode
sitorem. Unit analisis penelitian adalah guru Pegawai Negeri Sipil SMA dengan populasi berjumlah 279  dan sampel 103 guru. Hasil
penelitian terdapat hubungan positif kepribadian guru dengan kualitas layanan guru dengan kekuatan hubungan ry1 = 0,421 dan
terdapat hubungan positif keadilan organisasi dengan kualitas layanan guru dengan kekuatan hubungan ry2 = 0,297 sehingga kualitas
layanan guru dapat ditingkatkan melalui kepribadian guru dan keadilan organisasi. Hasil korelasi ini kemudian diintegrasi dengan
metode SITOREM sehingga diperoleh cara peningkatan kualitas layanan guru berdasarkan pengembangan kepribadian dan keadilan
organisasi melalui penguatan indikator-indikator. Hasil SITOREM menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan kualitas layanan
guru dapat dilakukan dengan cara memperbaiki indikator berikut dengan  urutan prioritas perbaikan : (1) emosi yang stabil, (2)
terbuka terhadap pengalaman (3) keadilan prosedural (4) daya tanggap (5) perhatian. Upaya selanjutnya adalah mempertahankan 9
indikator yang keadaannya sudah baik yaitu: (1) kesungguhan (2) keantusiasan (3) kemufakatan (4) keadilan interpersonal (5)
keadilan informasional (6) keadilan distributif (7) tampilan fisik (8) jaminan (9) kehandalan.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 0 / 04 / 2020
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : universitas pakuan Program Studi : MANAJEMEN PENDIDIKAN
Bibliography :

URL :

 

Document

 
back