Abstrak |
: |
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik peningkatan Teacher Engagement melalui
Kepemimpinan Otentik dan keseimbangan kehidupan kerja Guru Tetap Yayasan (GTY) SMK Swasta se-Kecamatan Tanah
Sareal Kota Bogor. Jumlah sampel penelitian sebanyak 136 guru yang diambil dari 206 guru tetap yayasan, secara acak
dengan menggunakan tekhnik proportional random sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Pengujian
hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan analisis statistic parametric dalam bentuk analisis regresi linier sederhana dan
berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda serta analisis parsial pada taraf signifikansi α = 0,01 dan α = 0,05. Penelitian
ini menghasilkan tiga kesimpulan. Petama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepemimpinan Otentik (X1) dengan
Teacher Engagement (Y) yang ditunjukan dengan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 31,05 + 0,76X1 dengan koefisien
korelasi ry1 = 0,892, koefisien determinasi Ry12 0,7050, signifikansi korelasi sebesar 22,89. Kedua, terdapat hubungan
positif dan signifikan antar keseimbangan kehidupan kerja (X2) dengan Teacher Engagement (Y) yang ditunjukan dengan
persamaan regresi linear Ŷ = 28,14 + 0,78X2. dengan koefisien korelasi ry2= 0,75, koefisien determinasi ry2 2= 0,6514 dan
signifikansi korelasi 13,21. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepemimpinan otentik otentik dan
keseimbangan kehidupan kerja secara bersama-sama dengan Teacher Engagement yang ditunjukkan dengan persamaan Ŷ =
26,05 + 0,56 X1 + 0,24 X2, koefisien korelasi ry.12 = 0,715, koefisien determinasi ry.122 = 0,715 dan signifikansi korelasi
sebesar 20,43. Berdasarkan hasil penelitian akhir, maka dapat dinyatakan bahwa Teacher Engagement GTY SMK Swasta sekecamatan
Tanah
Sareal
Kota
Bogor
dapat
ditingkatkan
melalui
Kepemimpinan
Otentik
dan
Keseimbangan
kehidupan
Kerja.
|