Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Henny Suharyati

Judul : Kontribusi Ilmuwan dan Praktisi untuk 76 Tahun Kemerdekaan Indonesia
Abstrak :

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia berdampak sangat signifikan terhadap semua aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas, sekarang beralih ke ruang virtual dengan memanfaatkan media internet dengan aplikasi, zoom cloud meeting, google meet dan banyak aplikasi lainnya. Situasi yang mendadak dan sempat mengagetkan ini membuat banyak guru gagap dalam pemanfaatan teknologi. Keadaan ini sangat berpengaruh terhadap praktik pembelajaran di ruang virtual. Tantangan pendidikan di era edukasional 4.0 sangat besar terutama dalam meningkatkan daya saing bangsa. Upaya dilakukan dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru dan keterkaitannya dengan literasi digital yang dihadapi. (Suharyati, Henny, Patras, Yuyun Elizabeth, Mulyati, 2019).

Growth Mindset adalah model mental, sejumlah keyakinan dan asumsi mendasar yang mempengaruhi keputusan dan perilaku manusia. Siswa dapat diajarkan memperluas  otak atau pikiran. Karakteristik Growth Mindset adalah perilaku seseorang secara umum mempunyai semangat belajar dan kecenderungan untuk: menerima tantangan, jika mengalami kemunduran atau kesalahan tetap persisten, memandang usaha sebagai jalan untuk mengasah kemahiran belajar dari kritik, dan menemukan pembelajaran dan inspirasi dari kesuksesan orang lain. (Stoycheva,and Ruskov, 2015).

Karakteristik tersebut diharapkan akan muncul dari sikap guru sebagai pemimpin di kelasnya. Kreativitas dan keinovatifan guru dituntut untuk dikembangkan dalam situasi apapun. Perubahan pola belajar di sekolah menjadi belajar di rumah (BDR) merupakan tantangan utama saat pandemi Covid-19. Kesulitan ini terjadi terutama di kalangan guru -guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Perekrutan guru Paud dilakukan berdasarkan keaktifan mereka sebagai kader Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) di lingkungan rukun warga. Pendidikan mereka tidak menunjang untuk memahami dan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Pembelajaran di rumah memerlukan model pembelajaran melalui desain multimedia dan diberikan secara virtual. (Sigit, Bambang. Joko. 2008). Banyak upaya dilakukan oleh memberikan pelatihan literasi digital terhadap guru-guru PAUD. Kegiatan ini sangat membantu guru-guru melaksanakan pendampingan pembelajaran di rumah, dan membantu orang tua menjelaskan materi pembelajaran daring.

Keadaan yang paling urgensi adalah kesiapan mental guru menghadapi situasi ini. Mereka harus mampu menghadapi tantangan, teguh dalam pendirian, belajar dari kritik dan mau belajar dari kekeliruan yang dilakukannya. Untuk mencapai keadaan yang tersebut di perlukan literasi kepemimpinan berdsarkan perspektif Growth Mindset.

 

Tahun : 2021 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2021
ISSN/ISBN : ISBN 9786232341937
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Bibliography :

Andaru Werdayanti, Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.3 No.1, Februari, 2008.

Azan, Khairun, Tantangan Pendidikan di Era Globalisasihttps://www.kompasiana.com/khairulazan130320/59dc880e3f8bf43be42512e2/tantangan-pendidikan-di-era-globalisasi, diunduh tgl 5 Oktober 2021.

Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., and Dweck, C. S. (2007). Implicit theories of intelligence predict achievement across an adolescent transition: a longitudinal study and an intervention. Child Dev. 78, 246–263. doi: 10.1111/j.1467-8624.2007. 00995.x

Burnette, J. L., O’Boyle, E. H., VanEpps, E. M., Pollack, J. M., and Finkel, E. J. (2013). Mind-sets matter: a meta-analytic review of implicit theories and self-regulation. Psychol. Bull. 139, 655–671. doi: 10.1037/a0029531

Masganti Sit., Muhammad Shaleh Assingkily, Persepsi    Guru    tentang    Social    Distancing    pada Pendidikan AUD Era New Normal Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print), Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1009-1023, DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.756

Peter, J. Paul & Donnely, James H., Jr, 2008, Marketing Management Knowledge and Skills, Eleventh Edition, USA; McGraw-Hill.

Puspo Dewi Dirgantari, Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University, Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, ISSN 2337.411x(Print) ISSN 2503.3522x (Online), Vol.3. No.2, 2012. DOI: https://doi.org/10.17509/jimb.v3i2.

Sadjiran, Eka Melati, Lis Hafrida, Zefriyenni, Yulya Srinovita, Peningkatan Kualitas Dosen Melalui Program Pelatihan Online, Prosiding the 1st Seminar Nasional ADPI, Volume 01, 20202, hal. 238-243  

Stoycheva, M. and Ruskov, P. 2015. Growth mindset development pattern. In proceedings of 20th European Conference on Pattern Languages of Programs, Euro PLoP 2015. 6 pages.

Suharyati, Henny, 2016, Relationship between Organizational Culture, Transformational Leadership, Working Motivation to Teacher’s Innovativeness, International Journal on Managerial Studies Research, Vol.4, No. 3, p. 29-34.

Suharyati, Henny, Patras, Yuyun Elizabeth, Mulyati, 2019, Peningkatan Kemampuan Pedagogik Tenaga Pengajar PAUD Dalam Upaya Pemberdayaan Keterampilan Literasi Digital di Wilayah Kota Bogor, DIFUSI, Volume 2, No.2 Juli 2019, ISSn 2615-2363, pp.11-17.

Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Informatika Volume 2-No.1 : Periode Juli Desember 2006

Sutopo,  Hadi,  A.,  2003,  Multimedia  Interaktif  dengan Flash. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Usep Saepul Mustakim, Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit, Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES), Volume 1   Nomor 1, April 2020, Halaman 41— 45.

Yuen Sze Michelle Tan, 2019, Teachers learning to apply neuroscience to classroom instruction: case of professional development in British Columbia, https://doi.org/10.1080/19415257.2019.1689522 © 2019, Taylor & Francis Group.

Yeager, D. S., and Dweck, C. S. (2012). Mindsets that promote resilience: when students believe that personal characteristics can be developedEduc. Psychol. 47, 302–314. doi: 10.1080/00461520.2012.722805

Zilkaa, Avishay, Grinshtain, Yael, and Bogler, Ronit. 2019. Fixed or growth: teacher perceptions of factors that shape Mindset”, https://doi.org/10.10 80/19415257.2019.16 89524. Routledge International Professional Development Association (IPDA)

 

 

URL : https: unpak.ac.id

 

Document

 
back