Judul | : | Memeluk Bumi Menebarkan Kebaikan: Esai-Esai pada Masa Pandemi | |||
Abstrak | : | Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia berdampak sangat signifikan terhadap semua aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas, sekarang beralih ke ruang virtual dengan memanfaatkan media internet dengan aplikasi, zoom cloud meeting, google meet dan banyak aplikasi lainnya. Situasi yang mendadak dan sempat mengagetkan ini membuat banyak guru-guru gagap dalam pemanfaatan teknologi. Keadaan ini sangat berpengaruh terhadap praktik pembelajaran di ruang virtual. Tantangan pendidikan di era edukasional 4.0 sangat besar terutama dalam meningkatkan daya saing bangsa. Upaya dilakukan dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru dan keterkaitannya dengan literasi digital yang dihadapi ketika guru. (Suharyati, Henny, Patras, Yuyun Elizabeth, Mulyati, 2019). Kreativitas dan keinovatifan guru tetap dituntut untuk dikembangkan. Kesulitan ini terjadi terutama di kalangan guru -guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Perekrutan guru Paud dilakukan berdasarkan keaktifan mereka sebagai kader PKK di lingkungan RW. Pendidikan mereka tidak menunjang untuk memahami dan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Pembelajaran di rumah memerlukan model pembelajaran melalui desain multimedia dan diberikan secara virtual. (Sigit, Bambang. Joko. 2008). Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, kelompok tim pengabdian masyarakat dari dosen melakukan kegiatan pelatihan literasi digital untuk guru-guru PAUD di masa pandemi. Kegiatan ini sangat membantu guru-guru melaksanakan pendampingan pembelajaran di rumah, membantu orang tua menjelaskan materi pembelajaran daring. |
|||
Tahun | : | 2021 | Media Publikasi | : | Buku |
Kategori | : | Buku | No/Vol/Tahun | : | 1 / 1 / 2021 |
ISSN/ISBN | : | ISBN 9786232341821 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | ADMINISTRASI PENDIDIKAN |
Bibliography | : | Azan, Khairun, Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi, https://www.kompasiana.com/khairulazan130320/59dc880e3f8bf43be42512e2/tantangan-pendidikan-di-era-globalisasi, diunduh tgl 5 Oktober 2018. Rindaningsih, Ida. 2012. Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (Beyond Center and Circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA. Vol. 1, No. 2, Hal. 213-223. Sigit, Bambang. Joko. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas Semarang. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri Semarang. Suharyati, Henny, 2016, Relationship between Organizational Culture, Transformational Leadership, Working Motivation to Teacher’s Innovativeness, International Journal on Managerial Studies Research, Vol.4, No. 3, p. 29-34. Suharyati, Henny, Patras, Yuyun Elizabeth, Mulyati, 2019, Peningkatan Kemampuan Pedagogik Tenaga Pengajar PAUD Dalam Upaya Pemberdayaan Keterampilan Literasi Digital Di Wilayah Kota Bogor, DIFUSI, Volume 2, No.2 Juli 2019, ISSn 2615-2363, pp.11-17. Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Informatika Volume 2-No.1 : Periode Juli Desember 2006 Sutopo, Hadi, A., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu, Yogyakarta.
|
|||
URL | : | https: unpak.ac.id |