Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rina Rosdiana, Ruyatul Hilal Mukhtar

Judul : PENERAPAN PEDAGOGI GENRE DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE
Abstrak :

PENERAPAN PEDAGOGI GENRE DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE Rina Rosdiana1 dan Ruyatul Hilal Mukhtar2 Universitas Pakuan rinarosdiana0170@gmail.com; ruyahilal0@gmail.com ABSTRAK Membangun konteks, pemodelan, mengkonstruksi teks secara bersama-sama, mengkonstruksi teks secara mandiri merupakan tahapan yang dikembangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersumber dari bahan ajar. Terapan tahapan tersebut untuk melatih keterampilan mengonstruksi pengetahuan dalam beragam konteks dan aktivitas. Dengan empat tahapan tersebut diharapkan keterampilan berbahasa dapat terlatihkan daan sampai pada penggunaan. Selain itu juga pengembangan bahan ajar mengacu pada pengimplementasian kecakapan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan konsep Technological pedagogical content knowledge (TPACK). Tujuan penelitian ini adalah tergambarnya bahan ajar yang mengakomodasi pedagogi genre, Kecakapan Abad 21 (creative, critical thinking, collaborative, dan communication, serta pemanfaat teknologi informasi dalam mengembangkan bahan ajar yang merupakan tuntutan Kurikulum 2013. Data penelitian berupa bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diperoleh dalam aktivitas perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik konten analisis. Data berupa bahan ajar Bahasa Indonesia tingkat SMA yang dibuat 22 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pakuan, Bogor. Hasil penelitian ini adalah 1) tersaji aktivitas-aktivitas atau visualisasi membangun konteks dengan beragam variasi visualisasi sesuai kompetensi dasar yang dikembangkan, 2) Terdapat variasi pemodelan teks dengan beragam tema teks, struktur teks dengan pengembangan gagasannya, 3) terdapat aktivitas mengkonstruksi teks secara berkelompok dalam bentuk diskusi (kolaborasi) dengan memunculkan keterampilan berpikir kritis, 4) menyajikan bentuk mengomunikasikan dalam bentuk kolaborasi dengan menyampaikan atau mempresentasikan hasil diskusi, 4) terdapat sajian aktivitas mengkonstruksi teks secara kreatif dan mandiri sehingga diharapkan melalui petunjuk aktivitas ini menghasilkan produk tulisan sesuai jenis teks, 5) penggambaran pemilihan bahan ajar dan aktivitas yang memanfaatkan ketersediaan teknologi informasi dalam beragam platform aktivitas sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. 6) Pendeskripsian penyajian bahan ajar dilihat dari relevansi pengembangan materi sesuai kompetensi dasar, 7) Penggambaran penerapan pedagogi genre secara menyeluruh untuk semua pengembangan kompetensi dasar, 8) ketersajian aktivitas yang berkenaan dengan terapan keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan memirsa. Kata kunci: pedagogi genre, membangun konteks, pemodelan, mengonstruksi teks

Tahun : 2021 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2021
ISSN/ISBN : 0
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

REFERENSI Emilia, Emi. 2011. Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Kemendikbud. 2013. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Kemendikbud. 2019. Modul penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Jakarta. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Moleong. Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Ramadania, Fajarika. 2016. Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku ajar Kurikulum 2013. Dalam Stilistika, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Schmidt, Denise A, dkk. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrumentfor Preservice Teachers. Dalam Jurnal JRTE.

URL : https://kolita.atmajaya.org/prosiding

 

Document

 
back