Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Ratih Purnamasari, Jaja Sudarjat

Judul : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MAHASISWA PGSD MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC
Abstrak :

Kemampuan komunikasi matematik sangat penting dikuasai oleh seorang calon guru. Tanpa kemampuan ini mustahil ia
bisa membimbing siswanya, terutama dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, mereka juga harus mengajarkan kemampuan
komunikasi matematik itu sendiri kepada siswanya. Namun data membuktikan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa masih
rendah. Mereka belum mampu mengutarakan ide-ide secara lisan ataupun tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada
perbedaan kemampuan komunikasi melalui penerapan model pembelajaran CIRC dengan model pembelajaran konvensional. Metode
yang digunakan adalah quasi eksperimen dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang menghendaki jawaban yang
memperlihatkan kemampuan komunikasi matematika. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan teknik-teknik
statistik uji t. Untuk taraf nyata sebesar 5% atau 0,05 dengan nilai dk = (n1 + n2 – 2) = 47, maka menunjukkan angka 2,01174.
Dari Uji t yang dilakukan diperoleh sebesar 6,527. Oleh karena maka diterima dan ditolak. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi mahasiswa melalui penerapan model CIRC dengan model
pembelajaran konvensional. Model Pembelajaran CIRC dinilai lebih baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 4 / 2021
ISSN/ISBN : 26230232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Ratumanan, T. G. 2003. Komunikasi Matematika: Tinjauan pada Model PISK dan Model PL. BuletinPendidikaMatematika. Ambon: FKIP Universitas Pattimura. [2] Hanun, F. 2009. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Think-Talk-Write. Jurnal Penelitian Matematika, 7 (2), 99-116. [3] Umar. Wahid. Membangunkemampuankomunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012. [4] Undang-undang guru dan dosen [5] Yusak Bien, “Penggunaan Model Kooperatif Tipe CIRC Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), Vol 1(2), March 2016, hal 50-56. [6] Mathematics, N. C. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The United State of America. [7] Nindia Intan Marviana, Wahyudi , dan Endang Indarini, “Efektivitas Model Circ Dan Gge Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD”. JUSTEK | Jurnal Sains dan Teknologi ISSN 2620- 5475 Vol. 1, No. 1, Mei 2018, Hal. 89-94

Binti Anisaul Khasanah, “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotition) Pada Kemampuan Pemecahan Masalah” Jurnal e-DuMath Volume 2 No. 1, Januari 2016 Hlm. 21-27 [9] Ariyanti Prawitaningrum dan Endang Endarini, “Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika”. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 3, Tahun 2019, pp. 308-315 PISSN: 2579-7158 E-ISSN: 2549-6050 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE [10] Anwar, Pentatito Gunowibowo, dan Sugeng Sutiarso, “Efektivitas Pembelajaran Circ Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, vol 5, No 2 (2017) [11] Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/3170/2178

 

Document

 
back