Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Muhammad Taufik Awaludin, R. Teti Roostikawati

Judul : PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI MAMALIA DI TAMAN MARGASATWA RAGUNAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
Abstrak :

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku dalam pembelajaran biologi dalam meningkatkan antusias belajar mahasiswa dan merupakan salah satu upaya meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA kelas X. Pengambilan data dilaksanakan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020, bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model 4-D (Four D), yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui dua tahap, yaitu: Validasi Ahli dan Revisi Media Pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku Mamalia ordo Primata yang dikembangkan dengan tahap define, design, develop telah memenuhi komponen yang sesuai dengan KD dalam kurikulum 2013, bahasa yang digunakan mudah dipahami, penyajian buku saku yang penuh warna serta gambar yang ditampilkan sangat mendukung materi pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Buku saku Mamalia ordo Primata menunjukan hasil yang valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. Rata-rata nilai validasi ahli dari aspek konten/isi sebesar 83,5%, aspek bahasa sebesar 83%, dan aspek penyajian sebesar 82,5%.

Kata Kunci: Buku saku, Penguasaan konsep, R&D model 4D

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2020
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

REFERENCES

Anggereni, S., & Khairurradzikin. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Hukum Newton. Jurnal Biotek, 4(2), 333–350.

Anggraini, R. (2017). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Emilia, E., Rosmiati, R., & Mulyana, R. (2018). Development of The Nutrition Pocketbook as a Nutrition Education Media in School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 201, 288–292.

Istifarida, B., Santoso, S., & Yusup, Y. (2017). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-GIS untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 134–149.

Krismiaji. (2002). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: AMP YKPN.

Kumalasari, W. (2017). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Teknik Mnemonik Verbal dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Mardatillah. (2018). Pengembangan Buku Saku Identifikasi Tumbuhan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA 3 MA Madani Alauddin Paopao. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Makassar.

Octavia, D., Komala, R., & Supriyani, A. (2017). Studi Perilaku Harian dan Kesejahteraan Monyet Hitam Sulawesi (Macaca nigra Desmarest, 1822) di Pusat Primata Schmutzer. Biologi UNJ Press, 13(1), 9–22.

Panjaitan, R. G. P., Savitri, E., & Titin. (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1379–1387.

Rahmawati, N. L., Sudarmin, & Pukan, K. K. (2013). Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 157–164.

Reaganty, S., Praseno, K., & Kasiyati. (2013). Perilaku Gorila (Gorilla gorillangorilla, S.) Jantan Dewasa (Silverback) dalam Kandang Enclosure dan Holding di Pusat Primata Schmutzer Jakarta. Buletin Anatomi Dan Fisiologi, 21(1), 10–18

Setyawan, P., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. Bioedu, 8(2), 260–269.

Siburian, M. F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 6(2), 125–133.

Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Interaktif dengan Strategi Drill terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. JPPM, 10(2), 95–104.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Yazid, K. (2016). Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Bioedu, 5(3), 390–396.

Yulmi. (2018). Pengembangan Buku Saku Bergambar sebagai Media Belajar Mandiri pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan dan Hewan. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Zakiyah, K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Outdoor Learning Pokok Bahasan Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SKI Hasanuddin 1 Dilem Kepanjen. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/2522

 

Document

 
back