Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari1 , Dadang Kurnia2 , Elly Sukmanasa3 , Lina Novita4

Judul : Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa SD Terhadap Motivasi Berprestasi
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi berprestasi siswa. Metode penelitian yaitu pendekatan kausal yang dilaksanakan pada siswa kelas VA, VB, VC dan VD di Sekolah Dasar Negeri Cikaret 1 Kota Bogor pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perhitungan analisis persamaan regresi menunjukkan terdapat pengaruh positif antara kedua variabel, hal ini artinya jika variabel X naik jika variabel Y naik. Berdasarkan hasil analisis Product Moment menunjukan koefisien korelasi 0,77 dan koefisien determinasi sebesar 59% artinya terdapat korelasi yang sangat tinggi antara kebiasaan belajar dengan motivasi berprestasi siswa. Jika kebiasaan belajar tinggi maka motivasi berprestasi siswa pun akan ikut tinggi dan sebaliknya. Hasil analisis yang menunjukan hubungan positif variabel kebiasaan belajar dan variabel motivasi berprestasi dengan persamaan Ŷ = 81,193 + 0,1174X, artinya jika kebiasaan belajar mengalami penungkatan sebesar satu unit, maka motivasi berprestasi akan mengalami peningkatan sebesar 0,1174. Selanjutnya uji signifikasi koefisien korelasi yang diperoleh menunjukan bahwa thitung > ttabel dengan hasil thitung =11,797 sedangkan ttabel 2,079. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kebiasaan belajar siswa SD positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi. Selanjutnya koefisien determinasi sebesar 59% artinya motivasi berprestasi dipengaruhi oleh kebiasaan belajar sebesar 59%, sedangkan 41% darimotivasi berprestasi dipengaruhi oleh faktor lain

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2020
ISSN/ISBN : 2597-4866
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

URL :

 

Document

 
back