Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nurlinda Safitri, Fitri Anjaswuri, Derista Lidya Carolina

Judul : Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak :

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan kegiatan penelitian dilaksanakan melalui 2 tahapan atau 2 siklus. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keaktifan siswa di Sekolah Dasar menggunakan model cooperative script pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku yang diterapkan pada siswa kelas IV C SDN Gunung Gede Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor yang terdiri dari 30 siswa. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Pada siklus 1 media pembelajaran yang digunakan adalah popup book. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan pada siklus 2 yakni boneka tangan. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa model cooperative script merupakan model yang efektif untuk digunakan pada penelitian ini. Terdapat perubahan nilai rata-rata keaktifan yang cukup signifikan antara siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti, diperoleh data yakni pada siklus 1 rata-rata nilai keaktifan siswa sebesar 71 sedangkan pada siklus 2 kembali bertambah menjadi 92. Selain itu, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 43% dan pada siklus 2 ketuntasan klasikal sebesar 100% dimana seluruh siswa nilainya berada di atas KKM. Selisih ketuntasan klasikal tersebut yakni sebesar 57%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa model cooperative script merupakan model yang efektif yang dapat diterapkan pada penelitian ini. Selain itu penggunaan model pembelajaran cooperative script mampu meningkatkan keaktifan siswa dari penilaian siklus 1 ke siklus 2.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 03 / 2020
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Octavia, A. Shillphy., 2020. Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama [2] Huriah, Titih. 2018. Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenadamedia Group [3] Hanafi. 2012. Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Teks Deskriptif Dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas V MI Nur Ikhlas Tualang Kabupaten Siak Sri Indrapura. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Ingris Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru [4] Widiyarto, Sigit. 2017. Pengaruh Metode Cooperative Script dan Peran Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol 11,(1) [5] Arief, Fajar Nur. 2016. Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dalam Jurnal Inovasi Pendidikan, vol 1,(3) [6] Sinar. 2018. Metode Acrive Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama [7] Sutiah. 2019. Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran PAI. Sidoarjo: Nizamia Learning Center [8] Suarni. 2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada kompetensi dasar organisasi pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM Untuk Keals IV SD Negeri 064988 Medan Johor. Dalam Journal if Physics and Science Learning (PASCAL), vol 2,(2). [9] Nurhayati, Erlis. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Dalam Jrunal Paedagogy, vol 7,(3). [10] Jayanti, Tri. 2011. Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

 

Document

 
back