Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rifki Risma Munandar, Desti Herawati, Suci Siti Lathifah, M. Ginanjar Ganeswara

Judul : Pemanfaatan Aplikasi iNaturalist Dalam Mengidentifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa SMA
Abstrak :

Sistem pembelajaran disekolah dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasi makhluk hidup masih

dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan media buku identifikasi. Penggunaan smartphone

yang tinggi di kalangan siswa juga dapat mendukung penggunaan aplikasi smartphone dalam

pembelajaran, sehingga adanya batasan dalam memahami materi Klasifikasi Makhluk Hidup dapat

dibantu dan dimudahkan oleh aplikasi berbasis smartphone. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada pelatihan

terhadap siswa kelas X SMAN 3 Cibinong dalam menggunakan aplikasi iNaturalist berbasis android untuk

mengidentifikasi dan mengklasifikasi makhluk hidup di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan

metode ceramah, diskusi dan observasi lapangan yaitu kegiatan penerapan aplikasi iNaturalist dalam kegiatan

identifikasi dan klasifikasi makhluk hidup. Pelatihan dilaksanakan melalui kegiatan webinar yang diikuti oleh 355

peserta dan kegiatan observasi lapangan dengan menggunakan aplikasi iNaturalist. Peserta siswa yang aktif terlibat

dalam project iNaturalist sebanyak 93 siswa dengan 1357 pengamatan dan temuan 421 spesies. Keterbatasan dalam

melaksanakan kegiatan ini yaitu pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom sehingga memerlukan

stabilitas koneksi internet yang baik kemudian eaktifan siswa yang ikut serta dalam project observasi lapangan

iNaturalist tidak sebanyak peserta webinar pelatihan iNaturalist. Antusiasme siswa dan guru sangat positif terhadap

pelatihan aplikasi berbasis android. Kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa keterampilan menggunakan

teknologi membantu siswa dalam memahami materi Klasifikasi Makhluk Hidup terutama saat kegiatan

pembelajaran dilaksanakan secara daring selama masa pandemi Covid-19.

Keywords: Apalikasi iNaturalis, Mengidentifikasi Makhluk Hidup, siswa SMA

Tahun : 2020 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2020
ISSN/ISBN : 978-602-6585-74-5
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Fadlulah, M. (2012). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Jerman – Indonesia Berbasis Android.

Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.

González, M., González, M., Martín, M. E., Llamas, C., Martínez, Ó., Vegas, J., Herguedas, M., &

Hernández, C. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on

Information Technology, 17(1), 31–50. https://doi.org/10.4018/JCIT.2015010103

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media

Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1),

42–47. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Laurillard, D. (2007). Pedagogical forms of mobile learning: framing research questions. Mobile

Learning: Towards a Research Agenda, 2007, 153–175.

http://eprints.ioe.ac.uk/627/1/Mobile_C6_Laurillard.pdf

Pradana, R. (2013). Perancangan Aplikasi Kamus Pintar Biologi Berbasis Android. Amikom Yogyakarta.

Putri, L. O. L. (2016). Kartu Indentifikasi Filum Sebagai Media Pembelajaran Yang Inovatif Untuk

Mempelajari Materi Klasifikasi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2, 31–38.

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Cetakan

Pe). Penerbit Informatika.

Tjitrosoepomo, G. (2017). Taksonomi Umum ( Dasar – Dasar Taksonomi Tumbuhan) (Cetakan Ke).

Gadjah Mada University Press.

URL :

 

Document

 
back