Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Meita Wida Ayu Prihastuti, Santa

Judul : Analisis Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas IV
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakter tanggung jawab pada siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B di SDN Lawanggintung 2 Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa karakter tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa kelas IV di SDN Lawanggintung 2 antara lain melaksanakan tugas yang diterima dengan baik dan penuh kesiapan, menyelesaikan sesuatu dengan penuh tanggung jawab, mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuan, berpikir sebelum bertindak dan mempertimbangkan konsekuensi yang ada, bertanggung jawab atas sikap, perkataan dan tindakan dan bertanggung jawab atas sikap, perkataan dan tindakan. Hal ini terjadi karena adanya pembiasaan untuk dapat membentuk karakter tanggung jawab siswa yang dilaksanakan di sekolah

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 3 / 2020
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1]       Lestari, Indah Ayu. 2019. “Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di MI Ma’rif NU Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”. Skripsi IAIN Purwokerto: Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan

[2]        Muslim, Aji Heru dan Fathur Rohmi. 2019. “Analisis Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas III di SD Alam Baturraden (SABAR)”. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). ISSN 2714-59720. hal.290-296.

[3]        Pasani, Chairil Faif, Sumartono dan Heza Sridevi. 2017. “Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together”. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. vol.4(2); h.3-5

[4]        Safitri, Novika Malinda. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.5(2). h.173-183

[5]        Kurniawan, Machful Indra. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar”. Journal Pedagogia. ISSN 2089-3833 Vol.4(1). h.41-49

[6]        Ramdhani, Muhammad Ali. 2014. “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. vol. 08, No.1. h.28-37.

[7]        Amri, Sofan, Ahmad Jauhari dan Tatik Elisah.  2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

[8]        Suryanti, Irmi dan Yasir Arafat. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. P-ISSN 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. vol. 3, No.2. h. 200-206

[9]        Mumpuni, Atikah. 2018. Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

[10]     Musa, Suriyati. Welly Pangayow dan Sukarman Kamuli. 2017. “Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo”. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Vol.2(2). h.310.

[11]     Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT Gramedia.

[12]     Apriani, An-Nisa dan Muhammad Nur Wangid. 2015. “Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD”. Jurnal Prima Edukasia. vol. 3, No.1. h.12-25.

[13]     Rahayu, Ratri. 2016. “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping”. Jurnal Konseling Gusjigang. Print ISSN 2460-1187, Online ISSN 2503-281X. Vol.2(1). hal.97-103.

[14]     Sari, Desi Ratna. 2017. “Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IV/D SD Negeri13/1 Muara Bulian”. Skripsi, Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[15]     Muchlas, Samani dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

[16]     Zubaedin. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

[17]     Winarsih. 2019. Pendidikan Karakter Bangsa. Tanggerang: Loka Aksara.

[18]     Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/3008/2143

 

Document

 
back