Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Stella Talitha,Tri Mahajani

Judul : Analisis Literasi Media Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor dalam Pembelajaran Teks Drama
Abstrak :

Penggunaan media pembelajaran di sekolah berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Kini, guru-guru di sekolah menengah atas lebih sering menggunakan powerpoint dan video sebagai media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan literasi media siswa kelas XI SMAN 9 Bogor dalam pembelajaran teks drama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi media siswa kelas XI SMAN 9 Kota Bogor dalam pembelajaran teks drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode survei. Berdasarkan hasil analisis, komponen technical skills siswa kelas XI SMAN 9 Bogor memperoleh nilai rata-rata 13,8 dengan persentase 37,1%, komponen critical understanding siswa memperoleh nilai rata-rata 18,92 dengan persentase 50,8%, dan komponen communicative abilities siswa memperoleh nilai rata-rata 4,52 dengan persentase 12,1%. Hal tersebut menunjukkan siswa kelas XI SMAN 9 Bogor berada pada tingkat literasi media kategori medium, yaitu kemampuan pengoperasian media (technical skills) cukup tinggi, kemampuan dalam menganalisis dan mengevaluasi konten media cukup bagus (critical understanding), serta aktif dalam memproduksi konten media dan berpartisipasi secara sosial (communicative abilities).

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 10 / 2020
ISSN/ISBN : E-ISSN 2615-7705 P-ISSN 2089-3973
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Baran, Stanley J. (2010). Pengantar Komunikasi Massa: Literasi Media dan Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Devito, Joseph A. (2008). Essentials of Human Communication, Sixth Edition. Boston: Parson Education, Inc.

Fitryarini, Inda. (2017). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi 8 (1), 51-67.

Potter, W. James. (2013). Media Literacy. USA: Sage Publication.

Purwaningtyas, Franindya. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. Jurnal Iqra’ Volume 12 No.02.

Silverblatt, Art. (2001). Media Literacy: Keys to Interpreting Media Messages. London: Praeger.

Sutrisno, Hadi. (1995). Statistik II. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Wells, G. (1987). Apprenticeship in Literacy. Interchange. Vol. 18. Nos.1/2 (Spring/Summer). [Online]. Tersedia: https://link.springer.com/article/10.10072FBF01807064.

Winarno, Sugeng. (2014). Pemahaman Media Literacy Televisi Berbasis Personal Competences Framework (Studi Pemahaman Media Literacy Melalui Program Infotainment Pada Ibu-Ibu Perumahan Tegalgondo Asri Malang). Jurnal Humanity Vol. 9 No. 2.

URL : https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9813

 

Document

 
back