Judul | : | PERUBAHAN MAKNA PADA IKLAN MI INSTAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA | |||
Abstrak | : | PERUBAHAN MAKNA PADA IKLAN MI INSTAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA
Mukodas1, Tri Mahajani2, Ruyatul Hilal Mukhtas3
Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia1,2,3
ABSTRAK Tujuan khusus penelitian ini adalah mengidentifikasikan dan mendeskripsikan jenis dan penyebab perubahan makna yang terdapat dalam iklan mi instan televisi yaitu Indomie yang ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini dianggap penting karena salah satu media berbahasa elektronik yang praktis yaitu teks iklan televisi dalam penggunaan bahasanya tak jarang mengalami perubahan bahasa. Pada pembelajaran Semantik mahasiswa mengetahui perubahan makna dalam iklan televisi melalui teks iklan mi instan. Penelitian ini terdiri atas 4 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penulisan artikel penelitian. Pada tahap persiapan peneliti melakukan studi literatur. Hal ini lakukan untuk mencari teori yang digunakan dalam penelitian dan menambahkan kajian dalam penelitian. Tahap pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan iklan-iklan televisi mi instan Indomie yang ditayangkan melalui youtube tahun 2018-2020. Teknik analisis data untuk menganalisis perubahan makna pada iklan- iklan televisi ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis isi merupakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan atau mengolah pesan. Analisis dikaitkan dengan penggunaan bahasa dalam iklan televisi. Setelah iklan-iklan televisi terkumpul, kemudian dianalisis dengan mengidentifikasikan dan mendeskripsikan jenis dan penyebab perubahan makna pada teks iklan mi instan tersebut.
Kata kunci: iklan; Perubahan Makna; semantik. |
|||
Tahun | : | 2020 | Media Publikasi | : | Seminar Internasional |
Kategori | : | Prosiding | No/Vol/Tahun | : | 30 / 12 / 2020 |
ISSN/ISBN | : | 2654-8534 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Bibliography | : | Andrianto, N. 2018. Pesan Kreatif Iklan Televisi Ramadhan 2017: Analisis Isi Iklan “Bahagiannya adalah Bahagiaku”. Jurnal Studi Komunikasi. Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : PT RINEKA CIPTA. Djajasudarma, T. Fatimah. 1999. Semantik 2, Pemahaman Ilmu Makna. Bandung:PT Refika Aditama. Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.1993. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Semantik. Bandung : Angkasa Bandung. |
|||
URL | : | http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1346 |