Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Mukodas1, Ruyatul Hilal Mukhtar2, Tri Mahayani3,

Judul : PERUBAHAN MAKNA PADA IKLAN MI INSTAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA
Abstrak :

PERUBAHAN MAKNA PADA IKLAN MI INSTAN

DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA

 

 

 

Mukodas1, Tri Mahajani2, Ruyatul Hilal Mukhtas3

 

Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia1,2,3

mukodas@unpakac.id1

 

 

ABSTRAK

Tujuan khusus penelitian ini adalah mengidentifikasikan dan mendeskripsikan jenis dan penyebab perubahan makna yang terdapat dalam iklan mi instan televisi yaitu Indomie yang ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini dianggap penting karena salah

satu media berbahasa elektronik yang praktis yaitu teks iklan televisi dalam penggunaan bahasanya

tak jarang mengalami perubahan bahasa. Pada pembelajaran Semantik mahasiswa mengetahui perubahan makna dalam iklan televisi melalui teks iklan mi instan. Penelitian ini terdiri atas 4 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penulisan artikel penelitian. Pada tahap persiapan peneliti melakukan studi literatur. Hal ini lakukan untuk mencari teori yang digunakan dalam penelitian dan menambahkan kajian dalam penelitian. Tahap pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan iklan-iklan televisi mi instan Indomie yang ditayangkan melalui youtube tahun 2018-2020. Teknik analisis data untuk menganalisis perubahan makna pada iklan- iklan televisi ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis isi merupakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan atau mengolah pesan. Analisis dikaitkan dengan penggunaan bahasa dalam iklan televisi. Setelah iklan-iklan televisi terkumpul, kemudian dianalisis dengan mengidentifikasikan dan mendeskripsikan jenis dan penyebab perubahan makna pada teks iklan mi instan tersebut.

 

Kata kunci: iklan; Perubahan Makna; semantik.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Seminar Internasional
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 30 / 12 / 2020
ISSN/ISBN : 2654-8534
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Andrianto,  N.  2018.  Pesan  Kreatif  Iklan  Televisi  Ramadhan  2017:  Analisis  Isi  Iklan

“Bahagiannya adalah Bahagiaku”. Jurnal Studi Komunikasi.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : PT RINEKA CIPTA. Djajasudarma, T. Fatimah. 1999. Semantik 2, Pemahaman Ilmu Makna. Bandung:PT Refika

Aditama.

Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.1993.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Semantik. Bandung : Angkasa Bandung.

URL : http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1346

 

Document

 
back