Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rina Rosdiana, Sandi Budiana, Ainiyah Ekowati

Judul : Kompetensi Dasar Tematik Terpadu Bermuatan Pelajaran Bahasa Indonesia pada Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Universitas Pakuan
Abstrak :

ABSTRAK

Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat diperlukan peserta didik di dalam kehidupannya. Kemampuan tersebut akan dapat dimanfaatkannya  dalam persaingan global. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengacu kepada ketercapaian kompetensi yang dituangkan dalam standar isi. Perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memuat di dalamnya  rumusan kompetensi dasar dan indikator,  materi ajar, media, lembar kerja peserta didik, dan evaluasi. Berdasarkan perangkat tersebut yang akan dianalisis adalah terapan tematik terpadu, kompetensi dasar, indikator, dan  materi ajar. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Sampelnya tiga puluh RRP Uji Kinerja Guru Kelas PPG Universitas Pakuan,Tahun 2020.  Analisis data dilakukan pada RPP tematik terpadu bermuatan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya untuk mendeskripsikan penerapan prinsip tematik terpadu dan pengembangan indikator berbasis High Order Thinking Skills (HOTs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum: 1) prinsip-prinsip pembelajaran tematik terpadu sudah diterapkan, pada beberapa prinsip saja yang belum terpenuhi 2) perumusan indikator sudah sesuai dengan kompetensi dasar, 3) indikator sudah mengacu pada keterampilan berpikir tingkat tinggi,  3) pemilihan kata kerja operasional sudah mengacu pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs), 5) materi ajar sudah terpadu dengan muatan mata pelajaran lain.

Kata Kunci:  tematik terpadu, muatan pelajaran, HOTs, kompetensi dasar, indikator, materi ajar

Tahun : 2020 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2020
ISSN/ISBN : eISSN 2655-1780, pISSN 2654-8534
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Indaryati, dkk. 2019. “Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang” Palembanag: Jurnal gantang.

Sukirman, Dadang dan Nana Jumhana. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Ed. Kesatu. Bandung: UPI Press

Nasution, S.  2006. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sutardi dan Encep Sudirjo. 2007. Pembaharuan dalam PBM di SD. Bandung: UPI Press.

Kesuma, Dharma, dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning: Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Garut: Rahayasa.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

URL : http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

 

Document

 
back