Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Gagan Gandara, Ujang Sumarwan, Sufrin Hannan

Judul : KARAKTERISTIK PENGGUNA DAN APLIKASI PADA TINGKAT PENGGUNAAN (STICKINESS) APLIKASI VIDEO PENDEK XYZ
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan menganalisa perbedaan karakteristik pengguna (demografi dan motivasi) serta karakteristik aplikasi XYZ (kategori konten dan kualitas layanan) pada tingkat penggunaan (stickiness). Sebanyak 797 pengguna harian, terdiri dari 584 uploader (sudah pernah unggah video) dan 213 watcher (belum pernah unggah video) menjadi responden penelitian ini. Pengolahan data menggunakan analisis deskritif, uji beda Kruskal Wallis dan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengguna sebagian besar laki-laki, usia 18-30 tahun, tingkat pendidikan sekolah menengah atas, serta pendapatan di bawah 2 juta rupiah setiap bulan. Motivasi berbagi video sebagian besar untuk menghasilkan uang, berbagi dengan teman dan keluarga serta untuk mendapatkan pengikut. Kategori konten yang paling disukai oleh watcher adalah wanita berpenampilan menarik, komedi, dan pemandangan. Watcher puas dengan kategori konten yang ada. Uploader memiliki preferensi netral terhadap kualitas layanan. Secara akumulatif, 90,8% dari seluruh responden menggunakan aplikasi 10 – 30 menit atau lebih, setiap harinya. Motivasi membagikan video, kategori konten yang paling disukai, kualitas layanan yaitu kemudahan untuk merekam video serta kelengkapan dan kesesuaian katalog musik berbeda nyata pada tingkat penggunaan. Implikasi manajerial ditujukan dalam hal pengembangan konten, peningkatan seluruh aspek kualitas layanan, serta strategi promosi untuk peningkatan kinerja aplikasi XYZ.

Kata kunci: demografi, kategori konten, kualitas layanan, motivasi, stickiness

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 7 / 2021
ISSN/ISBN : ISSN: 2528-5149/EISSN: 2460-7819
PTN/S : IPB University Program Studi : MANAJEMEN
Bibliography :

1. APJII [Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia]. 2019. Survey Nasional Penetrasi Pengguna Internet 2018. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

2. Ahmad A, Rahman O, Khan MN. 2017. Exploring the role of website quality and hedonism in the formation of e-satisfaction and e-loyalty. Evidence from internet users in India. Journal of Research in Interactive Marketing 11(3):246- 267.

3. Alhabash A, Ma M. 2017. A Tale of Four Platform: Motivations and Uses of Facebook, Twitter, Instagram, and Snapchat Among College Students? Social Media + Society. JanuaryMarch 2017: I-13.

4. Alnjadat R, Hmaidi MM, Samha TE, Kilani MM, Hasswan AM. 2019. Gender variation in social media usage and academic performance among University of Sharjah students. Journal of Taibah University Medical Sciences 14(4):390-394. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2019.05.002.

5. Manalu ASB, Sumarwan U, Suroso A. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Online. Jurnal Manajemen & Agribisnis 4(2): 67-80. https://doi.org/10.17358/ jma.4.2.67-80.

6. China Internet Watch. 2020. Tiktok competitor Kuaishou announced DAU of over 300 million [internet]. https://www.chinainternetwatch.com/30309/ kuaishou-400m-dau/#google_vignette. [15 Jun 2020].

7. Chung WS, Lim SM, Yoo JH, Yoon H. 2013. Gender difference in brain activation to audio-visual sexual stimulation; do women and men experience the same level of arousal in response to the same video clip? International Journal of Impotence Research 25: 138–142.

8. Dhir A, Torsheim A. 2016. Age and gender differences in photo tagging gratification. Computers in Human Behaviour 63 (2016): 630-638.

9. Fang, I-Chan, Fang SC. 2016. Factors Affecting Consumer Stickiness to Continue Using Mobile Applications. International Journal of Mobile Communications 14(5): 431-53. https://doi. org/10.1504/IJMC.2016.078720.

10. Hannan S. 2014. Model Pemasaran Hubungan Pada Jasa Profesi: Studi Empiris Pada Industri Jasa Surveyor Independen Di Indonesia [disertasi]. Bogor. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

11. Hasan VA. 2017. Analisis Fakto-faktor yang Mempengaruhi Willingness to subscribe: Telaah pada Layanan Video On Demand Netflix. Ultima Management 9(1):22-38.

12. Hsu TH, Tang JW. 2019. Development of hierarchical structure and analytical model of key factors for mobile app stickiness. Journal of Innovation & Knowledge 5(2020): 68-79. https://doi. org/10.1016/j.jik.2019.01.006.

13. Jelcic S. 2015. Perceived Service Quality Through Prism of Demographic and Socio-Economic Characteristics of Customers: Hypermarket Stores’s Market in The Federation of Bosnia and Herzegovina. DIEM: Dubrovnik International Economic Meeting 2(1):906-912.

14. Kemp S. 2020. Digital 2020 Global Overview Report [internet]. https://wearesocial.com/ blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-peopleuse-social-media [15 Sep 2020].

15. Khan ML. 2017. Social media engagement: What motivates user participation and consumption on YouTube? Computers in Human Behavior 66 (2017):236-247.

16. Khudri MM, Sultana S. 2015. Determinants of service quality and impact of service quality and consumer characteristics on channel selection. British Food Journal 117(8):2078-2097. https:// doi.org/10.1108/BEJ-12-2014-0431.

17. Kim S, Baek TY, Kim YK, Yoo K. 2016. Factors Affecting Stickiness and Word of Mouth in Mobile Application. Journal of Research in Interactive Marketing 10(3): 177.

18. Li MH. 2019. Exploring Short Video Application Users’s Visit Intention: Applying the StimulusOrganism-Response Model. Asian Social Science Science 15(12):8-19.

19. Lien CH, Cao Y, Zhou X. 2017. Service Quality, Satisfaction, Stickiness, and Usage Intentions: An Exploratory Evaluation in the Context of WeChat Service. Computers in Human Behaviour 68 (March): 403-410. https://doi.org/10.1016/j. chb.2016.11.061.

20. Matemba ED, Li G, Maiseli BJ. 2018. Consumers’ Stickiness to Mobile Payment Applications: An Empirical Study of WeChat Wallet. Journal of Database Management 29 (3):43-65.

21. Mulawarman, Nurfitri AD. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi 25(1):36 – 44, https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759.

22. Rahmat ABD, Seminar KB, and Suroso AI. 2019. Evaluasi Keberhasilan E-Learning Dalam Perspektif Sistem Informasi (Studi Kasus Universitas Terbuka). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) 5(3):373-384. https://doi. org/10.17358/jabm.5.3.373.

23. Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia. Triola MF. 1992. Elementary Statistic. Fifth Edition. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

24. Wicaksono AH, Fauzi A, Sunarti. 2017. Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif (Survey pada Konsumen yang Melakukan Pembelian Impulsif di Matahari Department Store Matos Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 46(2):46-53.

25. Xu F, Yong-Qi, Xiaotong-Li. 2018. What Affects the User Stickiness of the Mainstream Media Websites in China? Electronic Commerce Research and Applications 29 (2018):124-132. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2018.05.001. 

URL : http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/issue/view/2814

 

Document

 
back