Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Resyi A. Ghani, Fitri Siti Sundari

Judul : PENGARUH EFIKASI DIRI MAHASISWA PGSD TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri mahasiswa PGSD terhadap keterampilan dasar mengajar. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini yaitu observasi dan angket. Teknis analisis melalui uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Pada uji homogenitas didapat nilai Fhitung 2,569 < Ftabel sebesar 3,15 berarti data yang digunakan homogen. Hasil analisis regresi linier sederhana ditunjukan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 61,2 + 0,45X. Uji signifikansi regresi diperoleh = 32,02 dengan (α= 0,05) = 4,38 dan (α= 0,01) = 8,18, dengan demikian > (α= 0,01) > (α= 0,05) = 32,02 > 8,18 > 4,38. Berarti pengaruh kedua vaiabel sangat signifikan. Uji lineritas regresi < (α= 0,05) < (α= 0,01) = -0,54,<19,45<99,46 berarti hipotesis linier diterima. Kemudian pada uji koefisien jalur dan koefisien determinasi nilai koefisien jalur = 0,47 atau = 0,47 pada interval 0,400 – 0,599 berarti hubungannya sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik diperoleh = 26,24 dengan (α=0,05) = 1,94 dengan demikian > (α=0,05) = 26,24 > 1,94 maka terdapat pengaruh efikasi diri mahasiswa terhadap keterampilan mengajar. 

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : Vol. 4 No. 1 Januari 2021, hal. 7-12 / 4 / 2021
ISSN/ISBN : ISSN2614-5596
PTN/S : Unpak Bogor Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1] Sundari, Fitri Siti & Yuli Mulyawati. 2017. Jurnal Ilmiah pendidikan Pedagonal Vol 1, No. 1. E-ISSN 2550-0406.

[2] Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.

[3] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

[4] Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

[5] Bandura, A, 2010. Efikasi diri Mechanism in Psikological and Health Promoting Behavior, Prentice Hall, New Jersy.

[6] Hidayat, Rais. 2017. “Peningkatan Aktivitas Komunikasi Interpersonal dalam Organisasi Melalui Perbaikan Efikasi Diri, Kepemimpinan dan Kekohesifan Tim. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 4,(II),h.161- 170.

[7] Ghufron, N.M. & Risnawita, R. 2014. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

[8] Sharma, Hemant Lata and Gunjan Nasa. 2014. “Academic Self-Efficacy: A Reliable Predictor of Educational Performances”. British Journal of Education. Vol. 2,(III),h.57-64.

[9] Lunenburg, C. Fred. 2011. Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. Sam Houstan State University, International Journal Of Management, Business, and Administration. Vol. 14. Number 1, 2011.

[10] Luthans, Fred. 2015. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI

[11] Feist, Jess et.al. 2013. Theories of Personality 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

[12] Amir Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

[13] Cokro, A. (2018). Efektivitas PPL untuk meningkatkan efikasi diri mengajar pada mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal ilmiah pendidikan matematika Universitas Pekalongan , hal.1-9.

[14] Nurul, Puri, & Agus. (2011). Pengaruh antara kematangan emosi dan self efficacy terhadap craving ada mantan pengguna narkoba. Jurnal Fakultas Psikologi Insana Universitas Hang Tuah Surabaya , hal.106-117.

[15] Wahyulestari, Mas Roro Diah. 2018. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018. ISSN : 2621-6477. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[16] Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

[17] Nana Sudjana. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya.

[18] Saud, Udin Syaifuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Alfabeta.

[19] Widyaninggar, Anggi Ajeng. 2014. Pengaruh Efikasi Diri Dan Lokus Kendali (Locus Of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 4(2): 89- 99, ISSN: 2088-351X. Universitas Indraprasta PGRI.

[20] Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

[21] Moleong. J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

[22] McMillan, J.H. and Schumacher, S. 2001. Research in Education. New York: Longman, Inc.

[23] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

[24] Satori Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta

URL : http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary V

 

Document

 
back