Judul | : | PIAGET VERSUS VYGOTSKY: IMPLIKASI PENDIDIKAN ANTARA PERSAMAAN DAN PERBEDAAN | |||
Abstrak | : | Abstrak - Teori Piaget dan Vygotsky merupakan gunung besar dalam dunia pendidikan. Berdasarkan perbandingan antara dua teori dengan membahas tiga jurnal, pendidik dapat menemukan keunggulan dan implikasi yang dapat diterapkan dunia pendidikan untuk perkembangan kognitif. Implikasi dari Piaget dan Vygotsky dapat disimpulkan bahwa tidak ada teori yang sempurna dan tepat untuk digunakan semua kondisi dan situasi dengan tanpa pengecualiaan. Karena itu, perlu saling melengkapi kelemahannya antara teori Piaget dan Vygotsky. Kasus Victor mengingat kembali kepentingan waktu yang tepat untuk tugas pengembangan dalam baik fisik maupun mental. Implikasi kedua adalah pendidik mampu memfasilitasikan bantuan dan dorongan baik internal maupun eksternal dari budaya sosial, dan bahasa serta berbagai artefak budaya sebagai mediasi. Selain itu, diperhatikan proses akomodasi dan asimilasi siswa untuk memperluas skemanya dengan memfasilitasi ZPD dan orang lain sebagai berperan scaffolding. Kemudian, pendidik harus mementingkan perkembangan baik kognitif maupun emosional secara seimbang karena keterampilan dan kemampuan emosional terkait dengan perkembangan sosial. Yang terakhir, pendidik perlu diperhatikan kepentingan peran penggunaan bahasa sebagai baik peran mediasi untuk belajar secara optimal maupun hasil dari pembelajaran. Karena keterampilan bahasa itu meliputi kemampuan yang berbagai aspek untuk mengakomodasi pengetahuan yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga terjadi pengetahuan baru menjadi pengetahuan yang hidup dan bermakna melalui proses internalisasi siswa. |
|||
Tahun | : | 2020 | Media Publikasi | : | Jurnal Internasional |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 1 / 2 / 2020 |
ISSN/ISBN | : | 2722 – 8878 | |||
PTN/S | : | Pelita Harapan | Program Studi | : | MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Bibliography | : | [1] Cole, Michael, and James V. Wertsch. 1996. “Tharp, R.G. and Gallimore, R., 1988. Rousing Minds to Life.” Human Development. [5] Fox, Emily, and Michelle Riconscente. 2008. “Metacognition and Self-Regulation in James, Piaget, and Vygotsky.” Educational Psychology Review 20 (4): 373–89. https://doi.org/10.1007/s10648-008-9079-2.
|
|||
URL | : | https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/92/68 |