Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Masduki Asbari, Martinus Tukiran, Agus Purwanto, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun

Judul : MASIH RELEVANKAH PENGUKURAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ONLINE? (SEBUAH KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS)
Abstrak :

Abstrak - Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang diterapkan di pendidikan tinggi saat ini telah mengubah pola interaksi antara dosen dan mahasiswa, mengubah pola akuisisi pengetahuan, bahkan meniscayakan perubahan gaya belajar dan mengajar. Perubahan konteks pendidikan ini telah menjadi ceruk perhatian bagi penelitian masa kini, sebagai dampak dari revolusi industry 4.0 yang diakselerasi oleh pandemi Covid-19. Makalah ini mengkaji tentang pengaruh gaya belajar terhadap kinerja pembelajaran di lingkungan pendidikan tinggi yang menerapkan metode distance learning. Tinjauan sistematis dilakukan terhadap tiga artikel ilmiah publikasi tahun 2020 yang diambil dari laman www.sciencedirect.com (Elsevier). Ketiga penelitian tersebut menyepakati tentang pentingnya mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa untuk mengakselerasi kinerja pembelajaran mereka. Walaupun demikian, hasil penelitian menemukan fakta bahwa gaya belajar mahasiswa tidak berkorelasi dan berpengaruh signifikan terhadap perilaku belajar (analisis kuantitatif terhadap 598 mahasiswa di Brazil) dan kompleksitas tugas (analisis kuantitatif terhadap 228 mahasiswa di Australia). Berbeda dengan temuan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap 48 mahasiswa di Yordania, yang menyimpulkan bahwa gaya belajar mempengaruhi keterlibatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan teori gaya belajar, bahwa gaya belajar sangat bersifat kontekstual, di antaranya tergantung pada gaya mengajar dosen, fasilitas pembelajaran dan lingkungan pendukung lainnya, seperti kecanggihan teknologi. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa gaya belajar seorang mahasiswa bisa berubah dan berkembang mengikuti konteksnya. Identifikasi kesenjangan penelitian saat ini dan harapan penelitian masa depan dibahas lebih lanjut dalam kajian literature ini.
Kata kunci: Distance learning, learning performance, learning style, online learning.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Internasional
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2020
ISSN/ISBN : 2722 – 8878
PTN/S : Pelita Harapan Program Studi : MANAJEMEN PENDIDIKAN
Bibliography :

[1] Alonso, Catalina M, Domingo J Gallego, and Peter Honey. 1997. Los Estilos de Aprendizaje: Procedimientos de Diagnóstico y Mejora. Mensajero Bilbao, España.
[2] An, Donggun, and Martha Carr. 2017. “Learning Styles Theory Fails to Explain Learning and Achievement: Recommendations for Alternative Approaches.” Personality and Individual Differences 116: 410–16. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.04.050.
[3] Awla, Hawkar Akram. 2014. “Learning Styles and Their Relation to Teaching Styles.” International Journal of Language and Linguistics 2 (3): 241–45.
[4] Cassidy*, Simon. 2004. “Learning Styles: An Overview of Theories, Models, and Measures.” Educational Psychology 24 (4): 419–44.
[5] Coffield, Frank, David Moseley, Elaine Hall, and Kathryn Ecclestone. 2004. “Should We Be UsingLearning Styles? What Research Has to Say to Practice.”
[6] Costa, Roberto D., Gustavo F. Souza, Ricardo A.M. Valentim, and Thales B. Castro. 2020. “The Theory of Learning Styles Applied to Distance Learning.” Cognitive Systems Research 64: 134–45. https://doi.org/10.1016/j.cogsys.2020.08.004.
[7] Dryden, Gordon, and Jeannette Vos. 2005. The New Learning Revolution 3rd Edition. A&C Black.
[8] Dunn, Rita. 1990. “Rita Dunn Answers Questions on Learning Styles.” Educational Leadership 48 (2): 15–19.
[9] Durst, Susanne, and Ingi Runar Edvardsson. 2012. “Knowledge Management in SMEs: A Literature Review.” Journal of Knowledge Management 16 (6): 879 – 903.
[10] Fuad, A. jauhan. 2015. “Gaya Belajar Kolb Dan Percepatan Belajar.” Seminar Psikologi Dan Kemanusiaan, no. 1992: 6. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/1-6 A Jauhar.pdf.
[11] Grinder, Michael. 2010. Righting the Educational Conveyor Belt. Metamorphous.
[12] Handoko, Zilla Padmasari, and Aryani Tri Wrastari. 2014. “Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Metode Pengajaran Guru SMA Di Kawasan Surabaya.” Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental 3 (2): 90–96. http://www.eskom.co.za/CustomerCare/TariffsAndCharges/Documents/RSA Distribution Tariff Code Vers 6.pdf%0Ahttp://www.nersa.org.za/.
[13] Honey, Peter, and Alan Mumford. 1992. “The Manual of Learning Styles.”
[14] James, Waynne Blue, and Daniel L Gardner. 1995. “Learning Styles: Implications for Distance Learning.” New Directions for Adult and Continuing Education 1995 (67): 19–31.
[15] Kirschner, Paul A. 2017. “Stop Propagating the Learning Styles Myth.” Computers & Education 106: 166–71.
[16] Kolb, Alice Y. 2013. “The Kolb Learning Style Inventory 4.0: A Comprehensive Guide to the Theory, Psychometrics, Research on Validity and Educational Applications.” Philadelphia, PA: Hay Group.
[17] Mahasneh, Deema, Noordeen Shoqirat, Charleen Singh, and Miranda Hawks. 2020. “‘From the Classroom to Dr. YouTube’: Nursing Students’ Experiences of Learning and Teaching Styles in Jordan.” Teaching and Learning in Nursing 000: 1–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.008.
[18] Pashler, Harold, Mark McDaniel, Doug Rohrer, and Robert Bjork. 2008. “Learning Styles: Concepts and Evidence.” Psychological Science in the Public Interest 9 (3): 105–19.
[19] Prashnig, Barbara. 2007. The Power of Learning Styles: Mendongkrak Anak Melejitkan Prestasi Dengan Mengenali Gaya Belajarnya. Kaifa.
[20] Reid, Joy M. 1995. Learning Styles in the ESL/EFL Classroom. ERIC.
[21] Shumba, Tonderai Washington, and Scholastika Ndatinda Iipinge. 2019. “Learning Style Preferences of Undergraduate Nursing Students: A Systematic Review.” Africa Journal of Nursing and Midwifery 21 (1): 1–25.
[22] Surjono, Herman Dwi. 2015. “The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course.” Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 14 (1): 116–22.
[23] Wang, Rui, Russell Lowe, Sidney Newton, and Tuba Kocaturk. 2020. “Task Complexity and Learning Styles in Situated Virtual Learning Environments for Construction Higher Education.” Automation in Construction 113 (September 2019): 103148. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2020.103148.

 

URL : https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/90/66

 

Document

 
back