Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Istiqlaliah, Mursidah

Judul : the Tenth International Conference of Applied Linguistics and teh Second ELT and Technology Conference
Abstrak :

Bangsa Indonesia, terutama generasi muda saat ini memiliki pola pikir dan gaya hidup yang sangat berbeda dengan yang dimiliki oleh generasi sebelumnya. Tidak sedikit pemuda yang tidak mengetahui kearifan lokal bangsanya sendiri tetapi sangat mengerti kearifan lokal yang dibawa oleh bangsa lain melalui berbagai media. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengajarkan kearifan lokal yang dimiliki Bangsa Indonesia kepada generasi muda agar tumbuh kebanggaan akan tanah airnya. Pengajaran kearifan lokal ini akan diintegrasikan dengan pengajaran keterampilan berbahasa. Dalam penelitian ini, keterampilan berbahasa yang dimaksud adalah keterampilan menyimak dan berbicara dengan konten kearifan lokal Bangsa Indonesia. Sebagai dosen, peneliti akan memberikan materi berupa penayangan video yang berisi kearifan lokal bangsa Indonesia dan meminta mahasiswa untuk menyimaknya lalu mahasiswa diharuskan mempresentasikan kearifan lokal yang ada di daerahnya dengan tema yang sama seperti yang telah mereka simak dari video tadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat lebih mengenal kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya dari daerah mereka masing-masing, sejalan dengan meningkatnya juga keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. 

Tahun : 2017 Media Publikasi : Seminar Internasional
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 169 / 1 / 2017
ISSN/ISBN : 169/C-IP-C/P1-88-UPI/11/2017
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

Alonso, Segura. 2012. The Importance of Teaching Listening and Speaking Skills. Universities of Computensis Matrinensis: an unpublished thesis Bozorgian, Hossein.2013. Enhancing Foreign Language Learning through Listening Strategies Delivered in L1: An Experimental Study. International Journal of Instruction. 6:105-122 Bueno, A, D. Madrid dan N. McLaren. 2006 TEFL in Secondary Education.Granada: Editorial Universidad de Granada. Hedge, Tricia. 2000. Teaching and Learning in the Language Classroom. Oxford: Oxford University Press. Lee, Clare. 2004. The Role of Language in the Learning of Mathematics. Oxford, University of Oxford Department of Educational Studies. Disertasi yang tidak dipublikasikan Mulyana, Agus.2009. Mengembangkan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah. Disajikan pada Seminar Internasional “Mengembangkan ‘Social Skills’ dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia dan Universiti Kebangsaan Malaysia, 29 Januari 2009 Nunan,D. 2002. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press. Renukadevi, D.2014. The Role of Listening in Language Acquisition; The Challenges and Strategies in Teaching Listening. International Journal of Education and Information Studies. 4: 59-63 Richards, Jack C. 2008. Teaching Listening and Speaking from Theory to Practice. New York: Cambridge University Press. Vandergrift, L. 2004. Listening to Learn or Learning to Listen? Annual Review of Applied Linguistics. 24: 3-25 Wagiran. (2009). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju tahun 2025. Yogyakarta: Setda Provinsi DIY. Wagiran. 2011. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Dimuat dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Volume III, Nomor 3, Tahun 2011. ISSN 2085-9678. Hlm. 85-100 Wuryandari, 2010. Pengaruh Promotion Mix dan Perceived Price terhadap Visit Intention serta Implikasinya terhadap Willingness to Recommendation. Jurnal MIX. 4: 28-41. Wangkaewhiran. 2012. Development of Local Wisdom Learning Management Model of ASEAN Focus School: A Case Study in Thailand. The Asian Conference on Education.

URL :

 

Document

 
back