Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Entis Sutisna, Mursidah Rahmah, Eli Nurlaeli

Judul : Improving Students' Vocabulary Enrichment Through Picture and Picture
Abstrak :

Judul penelitian ini adalah "Improving Students'Vocabulary Enrichment through Picture and Picture". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris siswa melalui tehnik Picture and Picture. Penelitian ini dilakukan di MI Sirojul Aulad dengan jumlah siswa sebanyak 170 orang. Penulis meneliti siswa kelas 6 yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitiannya penulis menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dengan dua siklus. Untuk pengumpulan data, penulis mengadakan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan kosa kata siswa, kuesioner untuk mengetahui perasaan siswa mengenai tehnik yang diterapkan, dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil dari post-test siklus pefiama menunjukkan bahwa 19 orang siswa atau 63.3o/o sudah mencapai nilai standar yaitu 70 dan pada post-test siklus kedua, jumlah tersebut meningkat menjadi 26 siswa atau,86.7o/o. Hal tersebut menunjukkan bahwa 75o/o dari jrmlah siswa telah mencapai nilai standar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris siswa melalui tehnik Picture and Picture berhasil. Tehnik ini diakui sebagai salah satu carayang dapat diterapkan secara efektifdi dalam kelas, sehingga disarankan bagi para guru yang ingin meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris siswa untuk menggunakan tehnik ini dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: vocabulary cooperative leaming, Picture and Picture

Tahun : 2013 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 05 / 01 / 2013
ISSN/ISBN : ISSN No.1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

Arikunto, Suharsimi. 2002. prosedur penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Kencana Prenada Group. Herawati, Atti. 2010. Research on ELT (A Handbook for EESP students). English trducation and Study Program. Faculty of Teachers Training and Educational Sciences. Bogor. pakuan University. Unpublished. Larsen, Diane. 2000. Techniques and principles in Language Teaching (Second Edition). New york: Oxford University press. M, A, Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pusaka Setia. Nunan, D., & Carter, R. 2001. The Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Languages. London: Cambridge University Press. 

URL :

 

Document

 
back